Pelayanan Posyandu Kembali Normal

0

Pelayanan di salah satu posyandu di Kecamatan Kelay, belum lama ini.(IST)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pos pelayanan terpadu (posyandu) di Berau kembali normal. Kecuali di Tanjung Redeb yang masih melakukan pelayanan dari rumah ke rumah. Ini karena penyebaran COVID-19 yang belum mereda.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Diskes) Berau, Lamlay Sane menjelaskan, sebelumnya posyandu berhenti beroperasi Maret lalu.

“Sebelumnya semua dialihkan ke puskesmas. Sekarang kembali seperti biasa. Namun khusus posyandu balita dulu. Yang lansia belum,” ujarnya kepada Disway Berau, Senin (31/8).

Pengaktifan kembali posyandu karena merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan dasar masyarakat. Juga membantu sosialisasi dan edukasi tentang penyebaran COVID-19.

Lamlay Sane mengaku khawatir jika tidak berjalan, berdampak pada hal yang tidak diinginkan. Misalnya gizi buruk pada balita. Ini karena tidak dilakukannya kontrol secara rutin. “Terlebihnya di kampung-kampung. Sebelumnya memang posyandu melakukan kegiatan dengan menyusuri rumah ke rumah. Sekarang sudah terpusat. Tapi di Tanjung Redeb sebagian besar masih dari rumah ke rumah,” katanya.

Di Berau, ungkap Lamlay Sane, total posyandu balita sebanyak 268 dan lansia 150 posyandu.

“Posyandu yang kembali aktif menerapkan protokol kesehatan. Seperti mengatur jarak meja minimal satu meter. Mengimbau orang tua bayi dan balita untuk membawa kain atau sarung sendiri untuk penimbangan bayi,” ujarnya. (RAP)


Leave A Reply