Disiplinkan Masyarakat dengan Prokes

0

RAKOR yang dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan protokol kesehatan menjadi kunci utama dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 rapat koordinasi kondisi terkini penanganan COVID-19 di Berau. Rakor dipimpin Bupati Berau, Muharram didampingi Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo serta Forkopimda.

Bupati Muharram menyampaikan, saat ini penyebaran COVID-19 semakin mengkhawatirkan. Bahkan sudah ada klaster baru dari Gang Jeruk Kelurahan Bedungun. Tentu harus ada tindakan pasti agar penyebaran tidak semakin meluas kedepannya.

“Saat ini kita sudah susun aturan hukum terkait protokol kesehatan berupa Perbup. Draf sudah ada di bagian hukum dan dalam waktu dekat akan ditetapkan,” ujarnya.

Aturan terkait protokol kesehatan ini telah dikeluarkan juga di tingkat Provinsi. Namun dalam Perbup nantinya akan mengatur secara spesifik sesuai kondisi di Berau. Seperti di tempat hiburan, acara yang mengumpulkan orang banyak, ataupun aktivitas jual beli. Masyarakat pun diminta untuk bisa mengikuti aturan yang telah ditetapkan nantinya.

“Ini sebagai langkah kita untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran lagi seperti di Gang Jeruk. Salah satunya contohnya pada saat ada yang membuat acara pernikahan, nanti tamu undangan datang kemudian untuk konsumsi disiapkan kotakan dan langsung pulang. Jangan sampai kondisinya berlama-lama di lokasi acara dan membuat kerumunan orang menumpuk,” ungkap Muharram.

Dalam hal ini diakui bahwa pemerintah cukup dilema. Kondisi yang terjadi yaitu pencegahan penyebaran COVID-19 dan peningkatan ekonomi masyarakat. “Kalau berbicara ekonomi tentu melibatkan orang berkumpul. Tapi di sisi lain penyebaran harus diantisipasi. Langkah tepat yang akan diambil adalah disiplin atas protokol kesehatan ini. Terutama yang paling penting menggunakan masker. Diharapkan kesadaran masyarakat tetap berjalan,” pungkasnya. HUMAS/APP

Share this :

Leave A Reply