BPS Mulai Sensus Penduduk Door to Door, Sasar 600 Ribu Jiwa di Balikpapan

0

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pelaksanaan sensus penduduk secara rumah ke rumah atau door to door mulai dilaksanakan hari ini (1/9/2020). Sensus dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) secara serentak.

Di Balikpapan, sensus dengan datang ke rumah orang nomor satu. Yaitu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Petugas BPS mendatangi langsung kediamannya di rumah jabatan jalan Syafruddin Yoes.

Petugas BPS menanyakan enam pertanyaan untuk keperluan pendataan penduduk. Di antaranya nama, tempat dan tanggal lahir, tempat tinggal, serta anggota keluarga. Pendataan berlangsung singkat, hanya sekitar 5-6 menit.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, sensus ini lanjutan dari sensus online yang dilakukan beberapa waktu lalu. Meski sudah dilakukan online, pendataan dengan mendatangi rumah warga tetap dilakukan untuk memastikan data.

“Di rumah ini kami yang terdata hanya dua orang sesuai dengan Kartu Keluarga (KK),” kata Rizal Effendi usai dilakukan pendataan, di kediamannya, Selasa (1/9/2020).

Saat proses sensus dilaksanakan, petugas mengikuti protokol kesehatan covid-19.

“Bahkan mereka sebelum mendatangi rumah telah melakukan rapid test,” ucapnya.

Kepala BPS Balikpapan Ahmad Zaini mengatakan pelaksanaan sensus penduduk ini melanjutkan dari sensus penduduk yang dilakukan online pada Mei lalu.

“Yang belum ikut (online) dilakukan door to door yang dimulai hari ini. Petugas mendata bersama pengurus RT memverifikasi daftar penduduk hasil sensus penduduk online 2020 ke seluruh rumah,” jelas Zaini.

Ia menekankan warga tak perlu khawatir ketika petugas sensus datang ke rumah. Karena petugas menggunakan alat pelindung diri sesuai protokol kesehatan. Proses interaksi dengan warga juga tidak lama.

“Sehingga warga diminta menjawab pertanyaan petugas sensus agar data yang diperoleh lebih akurat dan komprehensif. Data tersebut nantinya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan perencanaan di segala bidang,” terangnya.

Diketahui, jumlah petugas sensus sebanyak 414 orang. Masing-masing petugas akan mendata 650 KK, atau 664.202 jiwa dari 34 kelurahan di Balikpapan.

Sebagai informasi, pada sensus penduduk secara online hingga 29 Mei 2020 lalu. BPS Balikpapan mencatat jumlah penduduk yang telah melakukan sensus sebanyak 165.219 jiwa atau 25,89 persen. (fey/zul)

Share this :

Leave A Reply