Bandara APT Pranoto Samarinda Tawarkan Maskapai Ubah Rute

0

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Penurunan jumlah penumpang juga dialami bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda. Untuk mengakali itu, beberapa rute penerbangan pun akan dievaluasi. Rute-rute yang tidak memiliki demand besar akan dialihkan.

“Kita evaluasi slot-slot yang tidak diterbangkan, lalu kita rubah rute-rute yang demand-nya lebih tinggi,” beber Kepala Bandara APT Pranoto Agung Pracayanto, Senin (31/8).

Dengan kondisi saat ini, Agus menegaskan sulit untuk menetapkan target. Beberapa penerbangan pun tidak bisa dipaksakan akibat kondisi yang terjadi. Yang secara otomatis tidak memberikan keuntungan.

“Kita coba tawarkan ke beberapa airlines, menurut mereka mana (rute) yang keuntungannya ada dan besar, itu yang kita coba lakukan,” katanya.

Dari data pengelola, pergerakan pesawat pada Agustus 2019 lalu mencapai 1.222. Namun pada Agustus tahun ini hanya ada 512 penerbangan.

Perbandingan periode yang sama, penurunan jumlah penumpang pun sangat drastis. Tahun lalu mampu melayani 121.023 penumpang. Namun Agustus tahun ini hanya 41.461 orang. (lihat grafis)

“Untuk persentase penurunan pesawat, dari kedatangan dan keberangkatan totalnya minus 58,10%,” terangnya.

Disampaikan Agung, penurunan tersebut tidak jauh berbeda dialami bandar Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Yang pada Juni lalu mencapai 79,53%.

“Ekonomi juga sedang turun sebanyak minus 5,32%, ini juga memengaruhi. Sebenarnya kita tidak punya target tapi kita tetap berusaha untuk menaikkan jumlah tersebut,” jawab Agung. (nad/eny)

Share this :

Leave A Reply