Yes, Kuota Internet Gratis Empat Bulan, Nih Syaratnya

0
Yes, Kuota Internet Gratis Empat Bulan, Nih Syaratnya
Suasana pembelajaran di Balikpapan sebelum adanya pandemi. (dok. Nomorsatukaltim)

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sekitar 80 ribu pelajar di Kota Minyak dapat kuota internet gratis. Guna meringankan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sampai akhir tahun.

Kuota internet gratis disalurkan melalui nomor telepon anak. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD-Dikdasmen) Nomor 8310/C/PD/2020 perihal pemberitahuan tentang Program Pemberian Kuota Internet.
Untuk dapat harus daftar dulu. Di masing-masing sekolah. Begitu kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan Muhaimin . setelah terdaftar, langsung disampaikan ke kementerian pendidikan dan kebudayaan. “Semua pelajar dapat. Makanya pendaftarannya itu tidak dikasih uang. Jadi semua mengirimkan nomor ponsel yang digunakan. Nanti setiap bulan ditransfer kuotanya selama empat bulan,” ujarnya, saat ditemui, Senin (31/8/2020).

Hal itu berlaku bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP dan SMA atau SMK. Bahkan Muhaimin menyebut perguruan tinggi juga akan mendapat bantuan kuota internet gratis. “Semua yang terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Jadi aman. Kita tidak memikirkan uangnya karena kuota langsung dikirim ke ponsel masing-masing,” ungkapnya lagi.

Ia menjelaskan jika batas akhir pendaftaran sampai 31 Agustus 2020. Kemudian diperpanjang hingga 11 September. Sehingga pembagian kuotanya itu dimulai dari September, Oktober, November dan Desember. Sampai saat ini progres pendaftaran masih berlanjut. Dan tidak melalui disdikbud di daerah. “Mereka itu sudah ada operator data dapodik daerah dan operator data dapodik nasional,” ungkapnya. (ryn/boy)

Leave A Reply