Semua Desa di PPU Didorong Punya Website

0

Kunjungan Ika Sutuyarsih (dua dari kanan) ke Desa di Kecamatan Babulu beberapa waktu lalu. (Ist)

Penajam, nomorsatukaltim.com – Desa di Penajam Paser Utara (PPU) didorong untuk memiliki laman Informasi. Untuk media dalam menyiarkan program pembangunan desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU berupaya memperkuat laman desa itu. Ada 30 desa di PPU. Bagi yang telah memiliki laman, didorong pemutakhiran informasinya.

“Laman itu akan dikelola oleh anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),” ujar Kepala Seksi Pendataan dan Pengembangan Informasi Pembangunan DPMD Kabupaten PPU Ika Sutiyarsih, Senin (31/8/2020).

Laman ini nantinya memiliki banyak fungsi. Selain menjadi media untuk keterbukaan informasi publik. Juga sebagai wadah penyajian berbagai informasi hasil kegiatan, anggaran, potensi, aset desa, dan berbagai atraksi. Sehingga bisa dilihat siapa saja yang terkoneksi ke internet.

“Laman juga menjadi ruang dokumen bagi masyarakat dan pemerintah desa karena data-data akan tersimpan. Di laman juga bisa diisi berbagai jenis aplikasi yang tujuannya untuk memudahkan pemerintah desa dalam menjalankan tugas sehari-hari, terutama terkait administrasi,” urai dia.

Baru-baru ini, ia berkunjung ke empat desa di Kecamatan Babulu. Dalam proses sosialisasi. Desa Sebakung Jaya, Sri Raharja, Rawa Mulya, dan Desa Sumber Sari.

“Dari empat desa yang kami kunjungi tadi, tiga desa belum memiliki laman. Sementara satu desa punya, yakni Desa Rawa Mulya dengan alamat https://rawamulya.kimppu.id/,” terangnya.

Walau sudah ada, laman itu ternyata tidak aktif. Belum dimutakhirkan. “Karena  yang dulu pernah mengisi laman, kini tidak aktif lagi karena selain honornya terlalu kecil juga karena kurang terampil,” bebernya.

Dukungan perlu diberikan. Disarankan pemerintah desa kembali menganggarkan biaya untuk anggota KIM desa. Agar tahun depan laman tersebut bisa aktif kembali. Ini juga menjadi contoh untuk desa lainnya.

Dalam meningkatkan keterampilan anggota KIM desa, akan dilakukan pelatihan. Mulai tentang teknik menulis, membuat video, dan teknik pengambilan sudut foto. Agar terlihat bagus.

Bagi desa yang akan membuat laman, diminta untuk bersurat ke DPMD PPU. Nanti akan difasilitasi dalam pembuatan laman. Dengan alamat desa.penajamkab.go.id.

Surat itu nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU. Sebagai pembuat laman.

“Sehingga tahun depan semakin banyak desa di PPU yang memiliki laman, jika perlu semua desa harus memiliki laman,” pungkasnya. (rsy/ava)

Share this :

Leave A Reply