Hindari COVID, 1.712 Maba Polnes Ikuti Omaru Virtual

0
IMG 20200831 WA0039
Ramli (tengah) bersama, Diyah Permana (kemeja merah), Said Keliwar tiga kiri, Surahman (dua kanan) dan pejabat Polnes usai memberikan sambutan Omaru 2020 pada ribuan Maba. (istimewa)

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Sebanyak 1.712 mahasiswa baru (Maba) Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) Senin mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru (Omaru) 2020, Senin (31/8) kemarin. Mereka terdiri dari 10 Jurusan dari 25 program studi (Prodi) tahun ajaran 2020-2021.

Omaru ini dijadwalkan selama 3 hari. Sejak Senin (31/8) hingga Rabu (2/9). Karena masa pandemi maka Omaru dilakukan secara daring. Atau virtual lewat aplikasi zoom. Tujuan utama Omaru untuk melatih mahasiswa agar memiliki jiwa kedisiplinan, bekerja sama serta mandiri. “Omaru ini agenda rutin untuk mahasiswa baru di Politeknik Negeri Samarinda. Agar mereka disiplin, membangkitkan semangat kekeluargaan serta memiliki kemandirian yang tinggi,” jelas Direktur Polnes, Ramli didampingi Wakil Direktur 2, Diyah Permana pada Disway Kaltim, Senin (31/8) pagi.

Penanaman sifat mandiri dan mental pantang menyerah itu ditekankan. Untuk membentuk karakter mahasiswa kampus vokasi yang siap kerja sesuai bidang keahliannya. Sehingga sistem perkuliahannya berbeda dengan kampus lainnya. Yakni kampus yang memiliki 5.000 mahasiswa aktif tersebut memadukan praktik dan teori. Persentasenya 70 persen praktik dan 30 persen teori. “Dalam perkuliahan terdapat praktikkum, tugas dan kegiatan lainnya dibutuhkan kerja sama antar mahasiswa,” ujar pria yang dikenal ramah ini.

IMG 20200901 WA0031

Para maba yang ikut Omaru itu terdiri dari Prodi Diploma I, II dan III serta sarjana terapara (D-4). Omaru itu dilakukan agar para mahasiswa tidak kaget. Saat memasuki dunia kampus. Agenda lain adalah penyampaian edukasi protokol kesehatan dari dinas kesehatan. Serta wawasan kebangsaan dari Korem 091/ASN. Tujuannya agar mahasiswa memiliki kedisiplinan. Terutama bidang kesehatan, pendidkan dan memiliki semangat cinta tanah air serta mandiri. “Kami berharap semoga mereka bisa mengikuti proses Omaru ini dengan baik serta penuh semangat. Agar bisa mematuhi tata tertib di kampus,” harap Ramli.

Terpisah, Wadir III Polnes, Said Keliwar menambahkan dalam Omaru ada materi lain. Yakni tentang bahaya penyebaran pandemi COVID-19. Karena sesuai dengan anjuran pemerintah. Namun tidak mengesampingkan materi dunia kerja industri terkini. “Setelah mereka paham semua bahan Omaru. Kami akan ajak mereka jalan-jalan ke gedung tempat perkuliahan secara virtul. Tentunya dipandu oleh tim. Juga ada perwakilan Maba sedikitnya 4 orang,” ujar Said Keliwar didampingi Wadir 4, Surahman.(adv/top/boy)

JADWAL OMARU POLNES 2020

AGENDA HARI KE – I Senin, 31 Agustus 2020 (Pagi )

Materi Sesi 1 => Pengenalan Struktural 
Materi Sesi 2 => Nasionalisme (bela Negara) 

AGENDA HARI KE – II  Selasa,  1 September 2020

=> Pengenalan Organisasi Kampus
=> Penayangan Video Kamadiksi

AGENDA HARI KE – III Rabu, 2 September 2020

=> Virtual Tour Kampus
=> Penayangan Profile Kampus
=> Kesan dan Pesan Mahasiswa 
=> Games Seru
=> Pengumuman Juara Kelompok

Share this :

Leave A Reply