Mulai Dibangun, Sekolah Kristen IPEKA II Beroperasi Tahun Depan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sekolah Kristen IPEKA, salah satu sekolah Kristen yang memiliki 13 sekolah tersebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Palembang, Balikpapan, dan Makassar, membangun Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan . Sekolah baru ini terletak di kawasan Perumahan Grand City Jalan Sinar Mas Land Boulevard, Graha Indah, Balikpapan.

“Sekolah kami mengutamakan membangun karakter Kristen bagi setiap guru dan siswa-siswi,” kata Kepala Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan II, Alfian Samudra dalam keterangannya, Sabtu, 29 Agustus 2020.

IPEKA, Kata Alfian, berkomitmen mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral yang diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran baik di dalam kelas ataupun di luar sekolah seperti proyek-proyek sosial yang langsung berdampak dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Dalam proses pembelajarannya, kami menanamkan 5 nilai inti yaitu melayani, disiplin, integritas, pembelajar seumur hidup, dan saling menghargai. Kami juga menekankan siswa-siswi memiliki empati serta menghargai keberagaman”, ujar Alfian Samudra.

Pembangunan gedung sekolah diperkirakan selesai pada Mei 2021. Untuk itu proses Penerimaan Siswa Baru untuk tahun pelajaran 2021/2022 saat ini sudah dimulai, sehingga siswa-siswi dapat mulai belajar pada Juli 2021 mendatang.

Sama halnya dengan IPEKA Balikpapan I, sekolah baru juga akan menghadirkan pendidikan yang menekankan keunggulan akademis serta pendidikan karakter unggulan.

Pengajaran dirancang menerapkan kurikulum berstandar internasional dengan mengedepankan pendidikan berbasis teknologi dan literasi. Harapannya, dalam dua atau tiga tahun ke depan, sekolah ini dapat menjadi sekolah SPK (Satuan Pendidikan Kerja Sama) atau yang dahulu dikenal sebagai sekolah internasional.

Sekolah menggunakan Kurikulum 2013 yang dimodifikasi untuk persiapan menjadi sekolah SPK atau sekolah berstandar Internasional. Proses pembelajaran dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi digital seperti penggunaan chromebook sebagai media pembelajaran. Proses tatap muka saat pembelajaran juga lebih difokuskan pada kelas yang interaktif. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki siswa di abad 21 yaitu 4C, yaitu Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah),  Creativity (kreativitas),  Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama) melalui aktivitas diskusi, debat, proyek sains sederhana, proyek sosial, dan lainnya.

Saat ini sekolah memiliki dua program sosial yaitu Saudara Asuh, berupa dana sumbangan bersama dari siswa IPEKA yang akan disalurkan bagi anak-anak kurang mampu untuk bersekolah. Kemudian program Guru Asuh yaitu dukungan dana bagi guru-guru yang diutus untuk mengajar di daerah terpencil. Hal tersebut merupakan salah satu upaya IPEKA dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. (fey)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply