alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Kapal Pelni Bisa Sandar di Maratua

SALAH satu kapal PT Pelni melintas di perairan Maratua, Senin (24/8). (Fery Setiawan/Disway Berau)

MARATUA, DISWAY – Forum Komunitas Maritim Berau bersama Dinas Perhubungan Berau, dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), berencana melakukan Port Facility Assesment (PSA) di Pelabuhan Tanjung Siku, Maratua.

Ketua Forum Komunitas Maritim Berau, Hasanul Haq Batubara mengatakan, hal itu adalah upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Berau.

“Itu menurut saya,” imbuhnya kepada Disway Berau, Selasa (25/8).
Selain itu, diakuinya, telah berkoordinasi dengan PT Pelni di Kabupaten Nunukan. Koordinasi itu meliputi rencana pembukaan rute Makassar-Maratua-Tarakan.

Menurutnya, Maratua adalah tempat strategis untuk bersandarnya kapal. Hal itu pun diyakini Hasanul dapat meningkatkan kunjungan wisata di Bumi Batiwakkal.

“Saya kira itu adalah langkah yang baik, dan bisa berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat kedepannya,” katanya.

Dia pun mengakui, akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Berau, untuk bisa mengeluarkan atau mengirimkan surat ke Dirjen Perhubungan Laut, agar tim bisa diterjunkan untuk mengecek kondisi dermaga atau pelabuhan yang direkomendasikan.

Pelabuhan yang direkomendasikan adalah Pelabuhan Tanjung Siku, Maratua. Yang sudah cukup lama terbengkalai. Dan belum difungsikan untuk umum.

“Tapi kami sudah fungsikan itu, speedboat kami sandar di sana 3 kali satu Minggu,” tuturnya.

Jika nantinya rencana untuk memasukan Pelni ke Berau berhasil, menurutnya, Pelabuhan Tanjung Siku harus ditambah panjangnya.
“Paling tidak tambah 10 meter atau 15 meter lagi,” bebernya.

Direncanakannya, akan mengusulkan kapal Pelni muatan 500 sampai 1.000 penumpang bisa sandar di Berau. Pulau Maratua dipilih karena rencana pelabuhan di Tanjung Batu terlalu berbelit dan dirasa tak berpotensi.

“Di sana terlalu banyak bagan. Jadi susah kapal masuk,” tegasnya.
Sementara itu, Kabid Perhubungan Dishub Berau, Abdul Aziz pun mendukung rencana tersebut. Dikatakannya, akan menyampaikannya ke kepala dinas.

“Kalau saya pribadi sangat setuju. Dan nanti akan kami informasikan ke pak kadis dulu,” pungkasnya. */fst/app

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply