Bantuan Langsung Tunai UMKM di Kaltim Cair

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Provinsi Kaltim telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kaltim.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perencanaan Disperindagkop Kaltim Sri Heri mengatakan, ada 13.916 pelaku UMKM yang menerima bantuan sosial senilai Rp 750 ribu tersebut. “Awal pengajuan sebenarnya ada 14 ribu UMKM. Tapi setelah diverifikasi datanya, keluarlah angka 13.916 itu,” kata Sri kepada Disway Kaltim, Selasa (18/8) lalu.

Data penerima bantuan tersebar di 8 kabupaten dan kota. Kecuali Berau dan Mahakam Ulu yang telah mendapat bantuan dari anggaran kabupaten masing-masing. Sehingga tidak masuk dalam data penerima bantuan UMKM dari Provinsi Kaltim.

Penyaluran dana disalurkan melalui perbankan. Yakni Bank BRI dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara. Dengan pembagian, BRI untuk wilayah Samarinda, Kubar, dan Kutim. Sementara Bank Kaltimtara untuk wilayah Balikpapan, Bontang, Paser, PPU dan Kukar.

Sri mengatakan, dana sudah ditransfer ke masing-masing perbankan. Sehingga para penerima dana bantuan, bisa langsung datang ke Kantor Cabang Pembantu (KCP) masing-masing bank. Untuk mencocokkan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian, dana bisa diambil melalui mesin ATM.

“Data penerima ini sudah di SK-kan oleh Gubernur. Jadi sudah jelas penerimanya, berdasarkan jumlah itu, langsung ke bank,” ungkapnya. Total BLT UMKM ini sendiri senilai Rp 10,4 miliar. Dan penyalurannya sudah 100 persen melalui perbankan. Sri menyebut pihaknya akan memantau realisasi penerimaan dari perbankan kepada pelaku UMKM.

“Harapannya, bisa cepat tersalurkan. Dan masyarakat segera mengonfirmasi ke bank. Karena kemarin kan menagih terus. Sekarang sudah cair, segera diambil,” pesannya.

Selain BLT, melalui Disperindagkop, Pemprov Kaltim juga menyalurkan bantuan masker. Sebanyak 370.500 masker. Dengan total anggaran Rp 3,7 miliar. Bantuan masker tersebut dibagikan di 9 kabupaten/kota. Pembuatan masker juga bekerja sama dengan UMKM sehingga dapat membantu peningkatan produktivitas usaha di tengah pandemi COVID-19.

Sri berharap, bantuan yang diberikan baik berupa BLT dan masker dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Terutama para pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. (krv/eny)

Jumlah UMKM Penerima BLT Pemprov Kaltim

Samarinda: 3.479

Balikpapan: 4.845

Bontang: 124

Kutai Kartanegara: 1.357

Kutai Timur: 264

Kutai Barat: 339

Paser: 696

Penajam Paser Utara: 2.812

Saksikan video menarik berikut ini:

13 Komentar

  1. Avatar

    Trus ngecek untuk pengambilan uangnya di bank mana,kasian orang tua saya sudah berapa kali ke bank namanya GK ada,di cek di link ada tapi tidak di jelaskan tgl n di cabang BRI mana uangnya bisa di ambil,,,

  2. Avatar

    Bagaimana cara pendaftaran UMKM di kelurahan Teritip kec Balikpapan Timur Kalimantan Timur karena kami kena dampak covid19 bantuan langsung tunai daftar online bgmn cara x terimakasih banyak atas kebaikan hati x maafya 🙏

Komentar