Tambah 17 Kasus Lagi, 2 Kasus Merupakan Anak dan Ibu

COVID-19

Martina Yulianti.(Dokumen Disway Kaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com – Kasus penambahan terkonfirmasi positif COVID-19, terus bertambah. Berdasarkan perkembangan terbaru, ada sebanyak 17 kasus tambahan. Di Kutai Kartanegara (Kukar). Di antaranya 6 kasus kontak erat, 3 kasus hasil tracing kasus yang dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar.

Terbanyak berasal dari Kecamatan Kota Bangun 8 kasus. Diikuti Kecamatan Anggana 4 kasus, Kecamatan Tenggarong 3 kasus. Serta Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Loa Kulu masing-masing 1 kasus.

“Saya umumkan ini sebanyak 17 kasus terkonfirmasi positif,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti, Minggu (2/8/2020).

Martina menyebut kasus penambahan didominasi kontak erat dari Kluster KT-2. Kontak erat Klaster Tanjung Aju dan santri dari salah satu pesantren. Dan lagi-lagi, ada sebanyak 3 anak-anak yang terpapar virus asal Kota Wuhan, Tiongkok tersebut. Yakni KK-230 laki-laki usia 7 tahun, KK-235 laki-laki usia 15 tahun, dan KK-240 perempuan usia 11 tahun.

Dari hasil rilis ini juga diketahui. Ada dua pasien yang merupakan satu keluarga. Yakni KK-230, merupakan anak dari KK-236.

Sebanyak 16 pasien saat ini menjalani isolasi mandiri. Yakni KK-230 hingga KK-245. Dengan pengawasan tenaga kesehatan. Sedangkan KK-229 menjalani perawatan di Wisma Atlet Kukar.

Melihat penambahan jumlah kasus. Secara signifikan. Martina menegaskan masih terbilang terkendali. Sesuai on the track. “Sejauh ini masih disekitaran kontak erat,” ujar Martina, lagi.

Namun Martina mengharapkan, peran serta seluruh masyarakat Kukar. Agar bisa menjaga diri masing-masing dari potensi penyebaran yang lebih meluas lagi. Seperti selalu menggunakan masker. Menghindari kerumunan. Dan tidak keluar rumah apabila tidak perlu. Namun lain halnya apabila untuk bekerja mencari nafkah.

Sejauh ini total kasus COVID-19 di Kukar mencapai 245 kasus. 124 kasus masih dalam perawatan, 120 kasus dinyatakan sembuh dan 1 kasus meninggal dunia. (mrf/eny)

Catatan redaksi: Berita ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, disebutkan dari 17 kasus terdapat 12 di antaranya merupakan kontak erat pasien positif. Data ini kemudian diralat Dinas Kesehatan Kukar. Demikian disampaikan. Terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*