Usul Pulau Derawan Diturap

KOMISI III DPRD Berau saat kunjungan DPUPR Kaltim di Samarinda, Jumat (10/7) lalu.

Tanjung Redeb,Disway – Menindaklanjuti hasil aspirasi warga Pulau Derawan terkait penanganan abrasi, Komisi III DPRD Berau menyampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kaltim, Jumat (10/7) lalu.

Ketua Komisi III DPRD Berau Saga mengatakan, pada pertemuan dengan DPUPR Kaltim diusulkan penurapan di bibir pantai Pulau Derawan, agar pulau yang menjadi objek wisata itu tidak semakin terkikis.

“Alhamdulillah, terkait apa yang kami usulkan dan sampaikan, sudah ditanggapi. Mudah-mudahan di 2021 nanti mulai dilakukan perencanaan oleh (Dinas) PU Provinsi,” ujar Saga, Senin (13/7).

Untuk mengetahui seberapa panjang yang akan diturap, dia mengatakan, tim dari instansi teknis akan turun ke lapangan untuk selanjutnya dibuat perencanaan. Namun, dia menyatakan bahwa pihaknya meminta penanganan abrasi di Pulau Derawan dilakukan secepatnya.

“Makanya kami meminta PU Provinsi yang memiliki kewenangan dapat mengutus timnya untuk turun ke lapangan, guna melihat secara langsung kondisi abrasi yang terjadi di Pulau Derawan. Kami juga tidak ingin berlarut-larut dalam menangani abrasi ini,” ujarnya.

Karena, kata Saga, abrasi di Pulau Derawan sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan, ia menegaskan bahwa dari tahun ke tahun abrasi semakin jelas terlihat. Dan, sejumlah masyarakat pun mulai merasa waswas dengan kondisi tersebut.

“Kami terus mendorong PU Provinsi agar segera melakukan penurapan. Apalagi (Pulau Derawan, Red) ini objek wisata andalan, tidak hanya bagi Kabupaten Berau saja, melainkan juga kalimantan Timur,” ujarnya. */ZZA/REY

Saksikan video menarik berikut ini: