Realisasikan Jembatan Kelay II

JEMBATAN Kelay I yang menghubungkan Tanjung Redeb – Sambaliung sudah dimakan usia.

Tanjung Redeb,Disway – Rencana pembangunan Jembatan Kelay II yang menghubungkan Kecamatan Tanjung Redeb dan Sambaliung yang pernah diwacanakan, kembali disuarakan anggota DPRD Berau, Ichsan Rapi.

Menurut pria yang biasa disapa Daeng Iccang itu, pembangunan Jembatan Kelay II, itu untuk mengantisipasi apabila Jembatan Kelay I dilakukan perbaikan. Karena seperti diketahui, Jembatan Kelay I sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Dan, merupakan akses satu-satunya.

“Kalau jembatan itu rusak, masyarakat tidak lagi memiliki akses. Jadi, jika sudah ada Jembatan Kelay II, bisa menjadi alternatif,” ujarnya, Senin (13/7).

Apalagi, kata dia, saat ini sudah ada jalan segmen 1, 2 dan 3, yang mana nantinya akan terkoneksi dengan Jembatan Kelay II. Selain itu, jembatan itu juga akan terhubung dengan ring road.

“Master plan-nya juga saat itu sudah jadi. Perencanaan teknisnya juga sudah jadi. Namun, hingga kini usulan itu belum terwujud. Kami punya mimpi Jembatan Kelay II ini terwujud, jadi kami akan upayakan dapat dibangun,” katanya.

Menurutnya, Berau memerlukan banyak akses untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas, terutama akses antarkecamatan. Pihaknya juga telah mengusulkan pembangunan Jembatan Kelay II saat pertemuan dengan Dinas PUPR Kaltim, Jumat (10/7) lalu.

“Siapa tahu ada bantuan untuk pembangunannya. Apalagi, Tanjung Redeb ini berada di tengah, di antara Gunung tabur, Teluk Bayur dan Sambaliung. Jadi, penambahan akses-akses jembatan dan jalan penghubung juga sangat penting,” ujarnya.

Untuk itu, diharapakannya Pemkab Berau pun dapat bersama-sama mendukung pembangunan jembatan tersebut, agar dapat terealisasi.

“Apabila kondisi keuangan daerah kurang lantaran bentangannya panjang, maka sama-sama diusulkan ke Pemprov Kaltim. Bahkan, kita usulkan hingga ke pusat,” ujarnya. *

Saksikan video menarik berikut ini: