Imbau Tak Gelar Acara

Feri Kombong

Tanjung Redeb,Disway – Larangan untuk menggelar acara atau kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang, memang telah dicabut. Namun demikian, Ketua Komisi I DPRD Berau Feri Kombong mengimbau warga untuk sementara tidak menggelar acara terlebih dahulu.

Misal, pesta pernikahan atau acara yang berpotensi mengumpulkan massa.Karena menurutnya, saat ini masyarakat seolah terlena dengan istilah new normal sehingga dengan bebas melakukan kegiatan berkumpul pada suatu tempat. Padahal, Berau sendiri masih ada yang berstatus positif dan tambahan.

Meski, dia juga mengakui bahwa hal itu dilematis. Apalagi kepada rumah pengantin ataupun pekerja seni yang biasanya mencari nafkah dari acara pernikahan.

“Memang perlu banyak pertimbangan, tapi untuk sekarang disiplin dulu dengan kesehatan, tetap jangan berkerumun dan berkumpul,” ujar Feri, Senin (13/7).

“Kita bisa lihat sendiri kan, sudah ada yang berani menggelar pernikahan, meskipun memang ada penerapan protokol, pakai masker dan mencuci tangan. Tapi, tetap saja berkerumun itu menimbulkan potensi tertular yang besar,” sambungnya.

Menurutnya, saat ini yang perlu diwaspadai adalah transmisi lokal. Karena sulit diketahui di mana saja jejak orang tanpa gejala (OTG).

Ia juga menyarankan agar masyarakat melakukan pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT). Meski, kata dia, RDT belum tentu akurat. Selain itu, dia meminta pemerintah dan pihak terkait lain tegas dalam penerapan protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat.

“Kalau hanya diimbau sulit, harus ada penindakan agar semuanya disiplin. Namun, jika tidak dari sendiri juga akan sulit,” ujarnya. */RAP/REY

Saksikan video menarik berikut ini: