Persiba Mulai Dari Nol

Persiba bertekad memiliki penampilan terbaik saat liga kembali bergulir. (Andi Hafizh/ Disway Kaltim)

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com – PSSI sudah mengumumkan bahwa kompetisi Liga 2 dimulai Oktober 2020. Dengan format baru yang menandakan kasta kedua sepak bola nasional dimulai dari awal lagi. Sebelumnya Liga 2 dibuka 14 Maret lalu.

Tapi apa daya, pandemi COVID-19 membuat kompetisi dihentikan sementara. Baru dilanjutkan tiga bulan lagi. Nah, Persiba Balikpapan mesti rela kehilangan tiga poin pertama yang didapatkan melawan Kalteng Putra FC.

Tak hanya soal format yang baru. Persiapan tim pun juga dimulai dari awal. Hal itu disadari pelatih Persiba Alfredo Vera. Tak latihan bersama sekira tiga bulan membuat dirinya mesti membuat program seperti awal.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Saya tidak bisa bicara banyak. Karena kita harus persiapan dari nol lagi untuk tim ini,” ujar Vera, Ahad (12/7/2020).

Selama ini Vera hanya melihat perkembangan anak asuhnya melalui video yang dikirimkan masing-masing pemain. Memang latihan secara mandiri tidak terlalu produktif. Tapi setidaknya dia senang pemain bisa menjaga kebugaran selama libur.

Vera pun baru bisa memulai persiapan jika keputusan resmi sudah keluar dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Pun dengan kabar terkait format home turnamen nanti. Kabar yang beredar memang Persiba bakal satu grup dengan Martapura FC, Mitra Kukar, Sulut United, PSBS Biak, dan Persewar Waropen.

“Ya itu belum resmi. Katanya ada yang dibikin lagi. Pembagian grup juga kabarnya dikocok ulang,” tambah pelatih asal Argentina itu.

Balikpapan juga menjadi salah satu kandidat tuan rumah. Tentunya sangat menguntungkan bisa tampil di kandang sendiri. Tekad Vera dan tim pun optimistis bisa lolos ke Liga 1. “Ya bagus kalau kita jadi tuan rumah. Semoga saja,” kata mantan pelatih Persebaya Surabaya itu. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini: