Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes

Darlena

Tanjung Redeb, Disway – Warga diimbau agar lebih waspada terhadap penyebaran COVID-19. Itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Berau, Darlena.

Dia mengatakan, adanya pasien meninggal, membuat masyarakat Kabupaten Berau sangat berduka. Namun, dengan adanya kejadian itu masyarakat diharapkannya dapat lebih waspada lagi. Serta semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang telah disampaikan pemerintah, baik pusat maupun daerah.

“Tetap menjaga kesehatan diri, mengikuti protokol kesehatan seperti pakai masker saat beraktivitas di luar rumah, cuci tanggan, physical distancing, mengurangi berkumpul di tengah keramaian, serta olahraga yang cukup,” ujarnya, Minggu (12/7).

Masyarakat, lanjut dia, jangan sampai terlena dengan adaptasi baru yang kini sudah diterapkan di Kabupaten Berau. Sehingga, bebas melakukan kegiatan apa pun tanpa memperhitungkan dampak yang akan ditimbulkan.

Darlena mengatakan, kewaspadaan terhadap virus Corona sangat penting dilakukan, guna mencegah terjadinya kasus-kasus baru. Apalagi, sampai bepergian ke luar daerah, yang mana di wilayah tersebut memiliki jumlah pasien COVID-19 cukup banyak.

“Yang perlu diingat, COVID ini masih belum sepenuhnya reda, dan bisa saja virus ini ada di sekitar kita. Jadi saran saya, apabila kegiatan atau pekerjaan masih bisa dilaksanakan di rumah, lebih baik di rumah saja. Jika pulang dari perjalanan jauh, ada gejala-gejala segera periksa,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk bijak dalam menerima berita-berita yang menyebar di berbagai media sosial mulai dari Facebook, dan pesan berantai di WhatsApp. Menurutnya, dengan adanya perstiwa meninggalnya pasien COVID-19, mulai banyak bermunculan pesan yang membuat masyarakat resah. Padahal, kebenarannya belum bisa dipertanggungjawabkan.

“Apabila mendapat pesan berantai terkait COVID-19, alangkah baiknya jangan ditelan mentah-mentah, dan jangan disebarkan apabila berita itu meragukan. Segera tanyakan ke instansi terkait, atau petugas COVID-19 yang ada di wilayahnya masing-masing, agar tidak menimbulkan hoaks,” ujarnya.

Anggota DPRD dari daerah pemilihan III ini, juga menegaskan tidak ada lagi masyarakat yang menyalahkan pihak pihak tertentu dalam kasus meninggalnya pasien COVID-19. Yang terpenting saat ini, masyarakat dapat disiplin mengikuti segala imbauan Dinas Kesehatan dan Pemkab Berau.

“Sama-sama kita menjaga diri dan keluarga, agar terhindar virus mematikan ini,” ungkapnya.

Dirinya juga mengapresiasi tim medis yang sudah bekerja maksimal dalam menangani setiap pasien COVID-19. Apalagi, hampir semua pasien COVID berhasil disembuhkan, dan dapat kembali berkumpul dengan keluarganya.

“Jadi, bisa saya katakan tim medis dan tim penanganan COVID-19 di Kabupaten Berau cepat dan tanggap dalam menanganai penyebaran COVID-19 ini. Terlepas adanya korban jiwa,” ujarnya. */ZZA/REY

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: