Dua Dinyatakan Positif, Hasil Swab Massal 209 Warga di Sangasanga

KUKAR, nomorsatukaltim– Pasien positif corona virusdisease-19 (COVID-19) di Kabupaten Kukar bertambah. Merupakan hasil swab massal kontak erat pasien KK-73. Yang meninggal dan dimakamkan di Kecamatan Sangasanga 2 Juli lalu.

Pasien tersebut berkode KK-83. Perempuan berusia 28 tahun. KK-83 merupakan orang tanpa gejala (OTG) asal Kecamatan Tenggarong Seberang.

Penetapan positif melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR) oleh RSUD Inche Abdoel Moeis, Samarinda. “(Hasil) swab massal di rumah sakit yang bersangkutan (RSUD IA Moeis),” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara Martina Yulianti, Minggu (12/7).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Sementara itu, dari total 209 spesimen tes massal, Sabtu (11/7) lalu dua orang dinyatakan positif COVID-19. Keduanya berasal dari daerah berbeda.

Yakni perempuan dari Kecamatan Sangasanga, dengan kode KK-78 (41). Dan satu warga Kelurahan Bantuas, Samarinda. Juga merupakan kontak erat KK-73. Yang saat itu pergi melayat ke rumah duka.

Diskes Kutai Kartanegara langsung melakukan pengembangan terkait KK-78. Dilakukan pendalaman riwayat interaksi dan kontak erat. Yang saat ini sudah dikarantina di Wisma Atlet Kutai Kartanegara.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Dua Hari Enam Kasus

Dari Sabtu lalu hingga kemarin, Kutai Kartanegara tercatat penambahan enam kasus positif. Dua kasus hasil transmisi lokal terkait pasien KK-73. Empat lainnya berasal dari pelaku perjalanan.

Keempat pelaku perjalanan masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Karyawan sebuah perusahaan di Kecamatan Loa Kulu. Yang akan kembali bekerja. Yakni, KK-79 (34) dan KK-82 (51) asal Jawa Timur. Serta KK-80 (39) dan KK-81 (48) asal Jawa Tengah.

“Ada yang dirawat di Wisma Atlet, ada yang di RS Pertamina Balikpapan,” jelas Martina.

Hingga kini jumlah kasus COVID-19 di Kukar menginjak 83 kasus. 71 kasus sembuh, 11 pasien masih dalam perawatan RSUD AM Parikesit Kutai Kartanegara. Dan satu pasien meninggal dunia. (mrf/eny)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: