Tetap Usulkan Formasi CPNS

Muhammad Said

Tanjung Redeb,Disway – Usulan formasi CPNS tetap disampaikan Pemkab Berau, meski pemerintah sudah memutuskan untuk tak membuka penerimaan CPNS pada tahun ini.

Usulan yang disampaikan Pemkab Berau sebanyak 654 formasi. Yakni 235 formasi tenaga kesehatan, 285 tenaga pendidikan dan 134 tenaga teknis.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Berau Muhammad Said, formasi CPNS diajukan karena Pemkab Berau masih yakin ada perubahan kebijakan, dengan melihat kondisi pandemik COVID-19 di Tanah Air.

“Tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan juga masih sangat dibutuhkan, karena sangat kekurangan sehingga pemkab atau pemkot dan provinsi di seluruh Indonesia tetap mengajukan formasi CPNS,” kata Muhammad Said, kemarin (10/7).

Ia juga mengatakan, pengajuan formasi telah melewati proses analisa jabatan, evaluasi jabatan, serta melihat jumlah kebutuhan secara proporsional dan kemampuan keuangan daerah.

“Jadi, kami masih optmis akan berubah, karena pernyataan yang dikeluarkan Menpan RB melihat situasi penyebaran pandemik. Tapi kan secara umum trennya terus menurun, jadi kami yakin tahun ini masih akan ada penerimaan CPNS,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyampaikan bahwa tahun ini tidak ada penerimaan CPNS. Sebab, selain karena adanya pandemik COVID-19, pemerintah juga akan menyelesaikan penerimaan CPNS 2019

Seperti diketahui, seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 tertunda karena pandemik COVID-19. SKB baru akan dilaksanakan pada September mendatang. *

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Saksikan video menarik berikut ini: