Danrem Kunjungi Berau, Ingatkan soal Politik Praktis

Komandan Korem (Danrem) 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro terima akta hibah lahan dan bangunan Skadron dari Bupati Berau Muharram, Jumat (10/7)

Tanjung Redeb, Disway – Komandan Korem (Danrem) 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Berau, Jumat (10/7).

Tiba di Bandara Kalimarau dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia sekira pukul 09.45 Wita, Danrem disambut sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Berau.

Usai penyambutan, Brigjen Cahyo kemudian menuju Skadron 13/Serbu. Dalam kunjungannya ke skadron, meninjau bangunan, serta fasilitas yang ada di satuan tersebut. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Markas Komando Distrik Militer (Makodim) sekira pukul 11.00 Wita.

Kedatangannya pun ditandai dengan laporan Dandim 0902/TRD, dan dilanjutkan dengan pengalungan bunga. Tidak hanya itu, Danrem 091/ASN itu juga menerima jajar kehormatan. Tidak hanya sekadar meninjau, Brigjen Cahyo juga memberikan pengarahan kepada personel dan persit Kodim 0902/TRD.

Dalam kegiatan itu, dirinya meminta seluruh prajurit TNI yang ada di Kodim, dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

“Tetap semangat dalam menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan seluruh anggota TNI di Kabupaten Berau, untuk selalu menjaga kesehatan selama bertugas. Apalagi Pandemik Corona masih ada.

Dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Berau, diingatkan Danrem juga, anggota TNI AD tidak ada yang berpolitik praktis untuk menjaga netralitas TNI.

“Janganlah itu, TNI cukup berada di tengah-tengah atau netral. Fokus kita adalah menjaga keamanan. Jadi jangan coba-coba bermain politik praktis,” terangnya.

Setelah pengarahan dan silaturahmi di Makodim, kunjungan kerja berlanjut ke Balai Mufakat, serah terima hibah milik Pemkab Berau, berupa lahan dan bangunan Skadron 13/Serbu kepada Korem 091/ASN.

Serah terima dilakukan Bupati Berau Muharram kepada Danrem Brigjen Cahyo Suryo Putro.

“Jadi kami memanfaatkan momentum HUT Kodam Mulawarman dengan menyerahkan hibah lahan dan bangunan yang dulunya eks bandara lama seluas 8,6 hektare kepada Korem 091/ASN,” ungkapnya usai penyerahan akta hibah.

Tujuan dihibahkan lahan tersebut adalah, merealisasikan usulan Danrem kepada Pemkab Berau. Sebab menurut Muharram, jika masih menjadi tanggung jawab Pemkab, maka dipastikan pengelolaannya tidak maksimal jika statusnya masih pinjam pakai.

“Diserahkannya pengelolaan Skadron secara menyeluruh ke Korem akan memudahkan Mabes TNI dalam melengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan, termasuk pengembangan bangunannya. Anggarannya tentu lebih mudah ketika itu murni menjadi miliknya TNI,” terangnya.

Selain itu, Muharram merasa bersyukur hampir semua satuan TNI ada di Kabupaten Berau. Mulai dari Batalyon Artileri Medan (Armed) Tarik Buritkang 18/105, Skadron 13/Serbu, dan Kodim 0902/Trd. Begitu juga dengan kesatuan Brimob dari Polri.

“Ini saya kira yang menjadi perhatian panglima terhadap Kabupaten Berau, dalam memperhitungkan mulai dari segi teritorial wilayah, keamanan, dan Kamtibmas. Harapannya kedepan, TNI dapat mengoptimalkan perlindungan di Kabupaten Berau dari segala ancaman dan tantangan di masa depan,” jelasnya.

Danrem 091/ASN Brigjen Cahyo Suryo Putro juga mengucapkan terima kasih, karena telah menghibahkan lahan dan bangunan Skadron yang sebelumnya adalah bekas bangunan bandara.

“Dengan hibah ini tentunya akan menjadi tanggung jawab kami. Dan ini juga sangat membantu dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan, khususnya di kesatuan Skadron,” tuturnya.

Lanjutnya, Kabupaten Berau masih sangat aman, berkat kerja sama yang antara TNI dan Polri dalam melaksanakan pengamanan kamtibmas.

“Pak Bupati juga merasa sangat terbantu dengan apa yang telah kami lakukan, dalam ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0902/TRD Letkol Kav. Ilham Faisal Siregar mengakui, kedatangan Danrem merupakan kunjungan kerja untuk meninjau satuan-satuan TNI AD yang ada di Kabupaten Berau, seperti Skadron, dan Makodim.

“Ini memang sangat kami harapkan kedatangannya, karena dapat secara langsung bersilaturahmi, serta mendengarkan arahan yang disampaikan kepada kami,” kata Faisal.

Dijelaskannya juga, kunjungan kerja hanya dilakukan sehari saja, sehingga semua kegiatan termasuk serah terima akta hibah lahan dan bangunan Skadron dari Pemkab Berau ke Korem, harus dilaksanakan secara maraton.

Adapun akhir dari kegiatan tersebut yakni silaturahmi ke PT Berau Coal sekira pukul 14.00 Wita. */ZZA/ADV/APP

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: