Kodim Gelar Donor Darah

DONOR darah yang digelar Kodim 0902/Tanjung Redeb, Kamis (9/7).

Tanjung Redeb ,Disway – Dalam rangka memperingati HUT ke-62 Kodam VI/Mulawarman, jajaran Kodim 0902/Tanjung Redeb menggelar kegiatan donor darah, Kamis (9/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Markas Kodim 0902/TRD, itu dibuka Komandan Dandim (Dandim) 0902/TRD Letkol Kav. Ilham Faisal Siregar.

Ilham Faisal mengatakan, selain donor darah, dalam memperingati HUT Kodam VI/Mulawarman, juga dilaksanakan pembagian sembako, masker dan kerja bakti.

Untuk kegiatan donor darah, kata dia, dilakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Berau. Donor darah dilakukan untuk mengantisipasi minimnya persediaan darah di PMI.

Apalagi, kata dia, di tengah pandemik COVID-19 mungkin ada warga yang ragu melakukan donor darah. “Sebelumnya, kami juga sudah berkoordinasi dengan PMI Berau bahwa stok darah kurang selama adanya virus Corona.

Maret lalu, kami juga sudah melaksanakan kegiatan (donor darah, Red) ini,” ujar Ilham Faisal.

Menurutnya, kegiatan donor darah sebenarnya tidak ada salahnya dilakukan, sepanjang tetap dengan prokol kesehatan. Setiap orang yang akan mendonorkan darahnya, kata dia, terlebih dahulu melalui proses pemeriksaan. Salah satunya, dengan pemeriksaan suhu tubuh.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan donor darah ini dapat membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan stok darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat dalam kondisi tidak kondusif seperti ini. Karena darah pun sangat dibutuhkan, tidak bisa dikesampingkan,” ujarnya.

Lanjutnya, pelaksanaan donor darah diikuti personel TNI, Polri, instansi terkait dan juga masyarakat. Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat. **/RAP/REY

Saksikan video menarik berikut ini: