Kebakaran di Desa Sedulang Kukar, Belasan Bangunan Habis Terbakar

Kukar, DiswayKaltim.com – Musibah kebakaran terjadi di wilayah Kutai Kartanegara. Api yang berkobar sejak pukul 17.00 WITA menghanguskan belasan bangunan di RT 03 Desa Sedulang, Kecamatan Muara Kaman.

Kapolsek Muara Kaman Iptu Juwadi menjelaskan berdasarkan keterangan saksi. Titik api berawal dari salah satu rumah warga bernama Junaidi. Karena kondisi cuaca angin berhembus kencang. Membuat kobaran api semakin membesar dengan cepat, serta menyambar rumah lainnya. Terlebih sebagian besar bangunan terbuat dari material kayu.

“Tidak adanya alat pemadam kebakaran yang memadai menyulitkan warga untuk memadamkan api,” jelas Iptu Juwadi, Kamis (9/7/2020).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Karenanya, warga RT 03 Desa Sedulang hanya menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan kobaran api. Yakni dengan menggunakan mesin air alkon. Dan saat berita ini diturunkan, warga masih memadamkan sisa-sisa api.

Kejadian yang menghanguskan 11 rumah warga, 4 bangunan sarang burung walet, dan tiga bangunan sekolah. Yakni SMA Martadipura Sedulang, SMP Budi Utomo Sedulang yang menghanguskan 6 ruang kelas dan TK / Paud Bina Karya Sedulang.

“Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa,” lanjut Iptu Juwadi, lagi.

Dugaan sementara, api berasal kompor milik warga yang ditinggal pemiliknya. Karena pada waktu yang bersamaan, sebagian besar warga Desa Sedulang sedang menunggu pembagian Sisa Hasil Produksi (SHP) Plasma di Balai Desa Sedulang.

“Kerugian material diprediksi mencapai miliaran rupiah,” tutupnya. (mrf/eny)

Saksikan video menarik berikut ini: