DPRD Ingin Segera Lunasi Lahan Stadion Batakan

Suasana Stadion Persiba di malam hari. (Andi Muhammad Hafizh/Disway)

Balikpapan, diswaykaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut pembayaran ganti rugi lahan yang kini jadi Lapangan Stadion Persiba Batakan, masih tertunda.

Ia menyebut ganti rugi lahan Persiba di Batakan merupakan kewajiban dari pemerintah daerah. “Walaupun ganti kepala daerah tetap harus diteruskan,” ujarnya, Senin (30/6).

Tadinya, pemkot berupaya untuk menyelesaikan pembayaran. Namun terkendala fokus anggaran yang dialihkan demi percepatan penanganan COVID-19. “Tertunda, ya mau tidak mau,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Azis menyebut tidak tepat jika tanggungjawab pembayaran ganti rugi lahan masyarakat, dibebankan bagi kepala daerah selanjutnya. “Itu programnya multiyears, artinya dalam satu kepemimpinan,” ujarnya, saat ditemui, Selasa (1/7).

Menurutnya, jika program yang sudah berjalan kemudian diserahkan bagi kepala daerah yang baru, maka akan menjadi beban utang yang berpengaruh pada penggunaan anggaran dalam masa kepemimpinannya. “Kan repot kalau begitu,” katanya.

Namun yang lebih tragis bagi masyarakat yang bersangkutan. Sebab selain belum dilunasi juga mereka kebingungan menentukan patok tanahnya masing-masing. “Apalagi masyarakat awam. Walaupun bisa di-tracking by data dari badan pertanahan melalui koordinat. Tapi sampai sekarang belum ada kepastian,” imbuhnya. (ryn/hdd)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply