Polantas Balikpapan Tegas Tapi Humanis

Aiptu Tukino dan Aiptu Toto Budi memeriksa kendaraan sebelum mengizinkan pasangan suami istri ke rumah sakit melintasi blokade jalan. (Ryan/Disway)

Balikpapan, diswaykaltim – Penyekatan lalu lintas telah berlangsung sebulan lebih. Ada saja pengalaman menarik. Yang dirasakan personel polantas. Selama bertugas menjaga pos.

Seperti yang dialami Aiptu Tukino dan Aiptu Toto Budi. Yang menjaga blokade jalan di simpangan Rapak, Minggu (10/5). Bersama rekan dari TNI dan lainnya.

Tukino mengakui sering ditugaskan di pos tersebut. Sampai ia mengenal beberapa pengendara. Yang kerap meminta izin lewat di pos itu.

pemprov iduladha

Setiap sore, simpangan Rapak terpantau ramai. Dilewati pekerja yang ingin pulang ke rumah. Meski sudah sering melintas, petugas tetap tegas. Dengan meminta pengendara yang lewat, menunjukkan ID card. Atau surat keterangan. “Yang penting bisa membuktikan mereka memang pulang kerja,” ujarnya.

Meski tegas, petugas punya sisi lembut. Terutama bagi kendaraan yang mengangkut ibu hamil. Seperti yang Disway Kaltim abadikan. Kedua polisi itu memberikan akses lewat, bagi ibu hamil yang ingin memeriksa kandungannya ke Rumah Sakit Restu Ibu. “Kita harus tetap humanis,” pungkas Tukino. (ryn/hdd)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: