Hujan Deras, Tenggarong Banjir Lagi

Banjir dengan ketinggian beragam kembali menggenangi sejumlah wilayah di Kukar. (Istimewa)

Kukar, DiswayKaltim.com – Hujan deras kembali mengguyur beberapa wilayah di Kukar, Selasa (14/1/2020) pagi. Khususnya di Kota Tenggarong. Akibatnya, Perumahan Tambak Rel pun tergenang.

Diketahui, kawasan perumahan itu salah satu titik fokus banjir di Tenggarong. Karena berada di antara dua kawasan dataran tinggi. Pada 2019, banjir setinggi dada orang dewasa menerjang pemukiman penduduk di perumahan tersebut.

Sekretaris Daerah Kukar Sunggono bersama instansi terkait langsung turun ke lapangan. Mengecek Perumahan Tambak Rel.

“Sebentar saja (kami mengecek keadaan di Tambak Rel, red.). Tidak sampai setengah jam,” ucap Sunggono saat dihubungi Disway Kaltim.

Ia menyebut, debit air dengan cepat turun di perumahan tersebut. Lantaran akhir-akhir ini pemerintah begitu gencar melakukan normalisasi drainase dan sungai.

Sunggono menjelaskan, dari dua saluran drainase di kawasan Perumahan Tambak Rel, hanya salah satunya yang berjalan optimal. Yakni saluran drainase sebelah kanan. Sedangkan yang sebelah kiri, salurannya lebih rendah dibanding saluran pembuangan menuju Sungai Mahakam.

“Tapi insyaallah kita sudah diskusikan dengan Dinas PU. (Kita) coba akan perbaiki lagi dalam waktu dekat,” tutur Sunggono.

Ia menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP menyiapkan tim. Apabila genangan air melebihi kapasitas toleransi.

Sementara itu, Kepala BPBD Kukar Marsidik mengaku telah menurunkan tim. Untuk melakukan pengecekan. Sejauh ini, beberapa tempat yang dikhawatirkan banjir, masih dalam keadaan aman.

Selain di Tambak Rel, Desa Sungai Payang yang sempat dilaporkan debit airnya naik, sudah berangsur turun. Kondisinya pun aman.

“Untuk daerah-daerah lain, belum ada laporan,” ucap Marsidik. (mrf/qn)

Leave A Reply