KPU Akan Angkat Ketua RT Jadi Verifikator

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha. (Sandy/Disway)

===

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Untuk proses verifikasi faktual pada penyelenggaraan pilkada serentak tahun ini, KPU Balikpapan bisa diberi ruang untuk mengangkat ketua RT yang netral, sebagai verifikator, atau petugas pemutakhiran data pemilih (PPDB).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Pasalnya pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, meski proses verifikasi faktual dukungan perorangan menggunakan sistem sensus dan setiap pendukung diverifikasi, namun dengan waktu yang relatif singkat, atau kurang dari dua minggu, kondisi tersebut cukup menyulitkan.

Sehingga pada pilkada kali ini diharapkan seluruhnya bisa difasilitasi, dengan jumlah petugas verifikasi yang diperbanyak.

“Verifikasi faktual tidak semudah yang dibayangkan. Bisa saja ketika petugas datang, penghuni rumah tidak ada di tempat. KPU diberi ruang mengangkat ketua RT yang netral untuk jadi verifikator,” ujar ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, pekan lalu.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Jumlah tenaga verifikator akan disesuaikan dengan jumlah pendukung di tiap kelurahan. Jika di satu kelurahan jumlah pendukung sedikit, maka cukup menggunakan PPS. Namun jika pendukung di satu kelurahan banyak, maka jumlah petugas verifikator diperbanyak.

Petugas PPDB ini akan digaji sebesar Rp 1,6 juta untuk bekerja selama dua bulan. Untuk sebulan honor yang diberikan sebesar Rp 800 ribu. (s/snd/hdd)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: