Listrik Terpaksa Numpang ke RT Tetangga

KAWASAN RT 02 Gunung Panjang belum terpasang jaringan listrik. Padahal, warga setempat sudah mengajukan permohonan sejak tahun lalu.(FERY SETIAWAN/DISWAY BERAU)

RERPORTER FERY SETIAWAN
EDITOR RAHMAT EFENDI

TANJUNG REDEB, DISWAY – Listrik yang sudah menjadi kebutuhan dasar, belum seluruhnya dinikmati warga Berau. Termasuk mereka yang tinggal di kawasan perkotaan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Warga di RT 02 Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb, misalnya. Di kawasan tersebut belum ada jaringan listrik. Ketua RT 02 Abdul Kadir, mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan terkait masalah tersebut. Bahkan, dia menyatakan bahwa dirinya telah membuat proposal dan ditandatangani oleh seluruh warga RT 02 untuk pengajuan jaringan listrik ke PLN.

“Kami sudah ajukan proposal mulai tahun lalu,” ujarnya, Jumat (3/1).

Selama ini, lanjutnya, warga RT 02 terpaksa harus menyambung listrik dari RT 01. Dan, harus menggunakan kabel yang cukup Panjang. “Masyarakat di sini untuk kebutuhan listriknya masih menumpang ke warga di RT 1,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Redeb Syahrani yang dikonfirmasi media ini, malah menyarankan kepada warga untuk kembali membuat surat permohonan dan telah disetujui oleh kelurahan.

“Nanti surat itu dibuatkan tembusan ke Bupati,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Manajer ULP PLN Tanjung Redeb Hendra Tajuddin, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima proposal pengajuan warga RT 02 Gunung Panjang sejak November 2019.

Menurutnya, proposal tersebut telah diproses guna mendapatkan tindak lanjut pengadaan. Dan, dia menegaskan jaringan listrik ke RT 02 prioritas utama PLN.

“Kita sudah orderkan tiang beserta paket jaringannya. Hanya saja, memang belum datang. Tapi kami pastikan jika komponen tersebut telah datang, akan kami langsung pasangkan,” ujarnya.

Dia juga menyatakan bahwa tahun lalu telah dilakukan survei ke RT 02 dan mengambil titik koordinat di setiap rumah, guna memastikan kebutuhan tiang dan jaringan yang diperlukan untuk membangun instalasi kelistrikan di kawasan tersebut.

“Kami sudah cek lokasi, dan insya Allah bisa untuk ditarikkan jaringan di tahun ini,” ujarnya.

Dirinya pun mengatakan bahwa yang membutuhkan jaringan baru bukan hanya warga RT 02 Gunung Panjang. Saat ini masih ada beberapa warga yang mengajukan proposal untuk penambahan jaringan listrik. “Di Jalan Tipalayo, Gunung Tabur juga minta. Dan, sudah kami proses,” tuturnya. */FST/REY

Saksikan video menarik berikut ini: