Kasad Setujui Pembentukan Korem di Kaltara

Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, Dandim 0903/Tanjung Selor (ist)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyetujui rencana pembentukan Komando Resort Militer (Korem) di Kaltara. Pada 30 Desember 2019 lalu, Korem Kaltara telah diusulkan bernomor 092 dan bernama Korem Maharajalilla.

“Keputusannya sudah turun dan telah resmi berdiri dengan nama Korem 092/Maharajalilla,” ujar Komandan Kodim 0903/Tanjung Selor, Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, Kamis (2/2).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Dikatakan, saat ini terdapat dua Korem di bawah naungan Kodam VI/Mulawarman. Yakni Korem 101/Antasari dan Korem 092/Maharajalilla. Dengan terbentuknya Korem di Kaltara ini, secara otomatis kedua korem di bawah naungan Kodam VI/Mulawarman naik tipe dari yang semula tipe B menjadi tipe A.

“Walau di Kaltara baru, tetapi nanti langsung bertipe A dengan Danrem berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen),” sebutnya.

Meski telah ditetapkan, namun untuk para pejabatnya masih belum sepenuhnya tuntas disusun Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad). Termasuk yang nanti akan menjadi Danrem, Kasrem, Kasi dan lainnya.

“Masih dirapatkan untuk mengisi Korem 092/Maharajalilla. PJU-nya masih disidangkan di pusat,” bebernya.

Aswin Kartawijaya menegaskan, untuk sesanti yang sudah diserahkan tidak akan ada masalah. Diusulkan bernama Wira Kangar Begalin Mundur yang berarti prajurit pemberani pantang mundur, dan usulan itu diakuinya sudah disetujui. “Sudah tidak ada masalah. Kita sudah sah tinggal menunggu pejabatnya datang,” jelasnya.

Korem 092/Maharajalilla akan membawahi empat kodim, yaitu Kodim 0903/Tanjung Selor, Kodim 0907/Tarakan, Kodim 0910/ Malinau dan Kodim 0911/Nunukan serta Kodim persiapan di Kabupaten Tana Tidung.

“Di Kabupaten Tana Tidung tahun ini juga sudah mulai pembangunannya. Bersamaan dengan pembangunan Korem,” pungkasnya. (*/zuh)

Saksikan video menarik berikut ini: