Waspada Tanah Longsor dan Pohon Tumbang

Lokasi longsor di Balikpapan Tengah. (Andrie/Disway)

===

Balikpapan, DiswayKaltim.com-Hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir mulai berdampak. Seperti terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa titik.

Tercatat hingga Jumat (3/1) siang terdapat di dua titik tanah longsor di Kecamatan Balikpapan Tengah. Serta tiga lokasi pohon tumbang.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan mengatakan, dua titik longsor di wilayahnya terdapat di RT 9 Kelurahan Gunung Sari Ilir dan RT 2 Kelurahan Mekar Sari. Sementara pohon tumbang berada di Markoni dan Prapatan.

“Sejauh ini data yang saya terima ada dua. Di RT 9 Gunung Sari Ilir dan RT 2 Mekar Sari,” ujarnya, Jumat (3/1) saat meninjau lokasi longsor di RT 2 Kelurahan Mekar Sari.

Lanjut Edy, saat ini yang bisa dilakukan oleh pemerintah hanya menanggulangi titik longsor. Seperti menutup dengan terpal yang diberi oleh BPBD Balikpapan.

“Kami saat ini melakukan penanggulangan saja. Ditutup terpal,” jelasnya.

Ketua RT 02 Kelurahan Mekar Sari Balikpapan Tengah Agus Tandi mengatakan, tanda-tanda akan kejadian longsor sudah terlihat sejak Kamis (2/1) sore, dan Kamis malam longsor yang memutus akses jalan RT 02 dan RT 04 pun terjadi.

“Tadi malam kejadiannya. Tapi sore sudah ada tanda-tanda, makanya kami tutup jalan ini,” ujarnya.

ucapan pemkab mahulu

Longsor yang terjadi di RT 02 ini merubuhkan siring sebuah rumah kontrakan dengan empat pintu. Terdapat tiga kepala keluarga yang terkena dampak dan harus dievakuasi ke lokasi aman. Sementara satu rumah terdampak, namun penghuni rumah masih bisa menempatinya.

“Jadi yang mengontrak rumah ini pindah ke rumah keluarganya dulu. Yang di depan ini hanya terdampak tapi masih bisa ditempati,” jelas Ketua RT 02.

Seperti diketahui, hujan intensitas tinggi masih diprediksi terjadi di Balikpapan dan sekitarnya. Hal ini telah disampaikan oleh Kepala BMKG Balikpapan Ibnu Sulistiono. Dirinya mengimbau warga yang tinggal di dataran tinggi untuk waspada terhadap bencana tanah longsor. (bom/hdd)

Saksikan video menarik berikut ini: