Polresta Balikpapan Berencana Bangun Dua Polsek Baru

Kombes Pol Turmudi. (dok)

===

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Polresta Balikpapan berencana membentuk dua polsek baru di wilayah hukumnya. Yaitu, Polsek Balikpapan Tengah dan Polsek Balikpapan Kota.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Akan ada pembangunan dua polsek,” kata Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Jumat (3/1/2020).

Saat ini, kata Turmudi, rencana itu masih tahap koordinasi dan bersurat ke pemerintah daerah. Pemkot Balikpapan. Dan menunggu jawaban Pemkot Balikpapan.

Dalam hal ini, Polresta Balikpapan dapat mengusulkan pembentukan polsek ketika kepolisian telah memiliki tanah alias lahan untuk pembangunan kantor polsek yang bersangkutan. Koordinasi ke pemkot dilakukan, dengan harapan dapat hibah lahan.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Kita ini bisa mengusulkan (pembentukan polsek baru) ke Mabes Polri, ketika sudah memiliki lahan pasti. Secara surat-surat, dan secara ril berapa luasan yang diberikan (hibah) ke kita dari pemkot,” katanya.

Pembangunan dua kantor polsek itu, kata Turmudi pihaknya tak berharap anggaran dari Mabes Polri. Melainkan dari hibah anggaran dari Pemkot Balikpapan.

“Dari Mabes Polri, belum ada anggarannya,” kata Turmudi singkat.

Di wilayah hukum Polresta Balikpapan, ada enam polsek. Polsek Balikpapan Utara, Polsek Balikpapan Barat, Polsek Balikpapan Timur, Polsek Balikpapan Selatan, Polsek Kawasan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

Sementara daerah Kecamatan Balikpapan Tengah, masuk wilayah hukum Polsek Balikpapan Utara. Daerah Kecamatan Balikpapan Kota, masuk wilayah hukum Polsek Balikpapan Selatan. (sah)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: