Ojek Pangkalan dan Sopir Rental Mogok

Pengojek pangkalan dan sopir rental mobil melakukan mogok dan protes pemberlakuan Perda tentang retribusi pelabuhan Tengkayu I.(ist)

TARAKAN, DISWAY – Puluhan pengojek pangkalan dan sopir rental mobil di Pelabuhan Tengkayu I SDF melakukan aksi mogok angkut penumpang, Kamis (2/1) pagi.

Aksi diikuti sekitar 80 tukang ojek dan 40 sopir mobil rental. Ketua Koperasi Mobil Rental Pelabuhan Tengkayu I, Anas Nasruddin, mengatakan, aksi mogok ini tindak lanjut dari aksi yang dilakukan pada 23 Desember 2019 lalu.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Sebabnya, Peraturan Daerah (Perda) No. 11 Tahun 2019 tentang Retribusi Pelabuhan. Khususnya mengenai persoalan tarif parkir kendaaraan roda dua dan roda empat yang diberlakukan kepada tukang ojek dan mobil rental yang mangkal di pelabuhan speedboat tersebut.

“Kami ini mitra kerja pelabuhan selama puluhan tahun. Tapi kami tidak diperlakukan khusus, jadi kami minta kebijakan Pemprov Kaltara dalam hal ini Dinas Perhubungan terhadap Perda itu,” katanya.

Diketahui, Perda itu mengatur setiap kendaraan yang masuk akan diberikan karcis parkir dengan tarif yang diakumulasikan dengan lamanya waktu parkir melalui e-parkir.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Bukan menolak keberadaan e-parkir ini, tapi meminta dispensasi. Artinya kami tetap bayar tapi jangan dengan sistem e-parkir. Seharusnya disamakan dengan yang lain,” tegasnya.

Asosiasi jasa pengangkut penumpang ini juga mempertanyakan masalah pembagian kartu berlangganan parkir yang tidak diterima sopir rental dan tukang ojek. “Kenapa yang lain bisa dapat kartu berlangganan, sementara kami tidak diberikan,” keluhnya.

“Pada 24 Desember lalu, kami sudah layangkan surat ke DPRD Kaltara, Dinas Perhubungan, Inspektorat Kaltara dan Gubernur. Salah satu isi surat itu meminta kebijakan pemprov,” tambah Anas.

Karena aksi mogok ini, penumpang speedboat dari berbagai daerah yang tiba di pelabuhan tersebut terpaksa harus mencari angkutan di luar area pelabuhan. (*)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: