Wisata Keluarga Kebanjiran Pengunjung

Sejumlah tempat wisata di Samarinda kebanjiran pengunjung saat perayaan tahun baru 2020. (istimewa)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Perayaan malam tahun baru menjadi momen untuk meningkatkan jumlah pengujung. Beragam hal dilakukan pengelola tempat wisata. Mulai dari sediakan jagung gratis dan lainnya.

Mahakam Lampion Garden (MLG) misalnya.  Menyiapkan 2.000 jagung bakar gratis dan pesta kembang api saat malam pergantian tahun.

“Kita memang bikin event malam tahun baru. Ada beberapa pertunjukan seperti band dan dance juga.” Ujar Vandim, Pengelola Taman Wisata MLG, Rabu (1/1/2020). Ia mengatakan tahun lalu mau mengadakan pesta kembang api. Namun dilarang oleh pemerintah dan kepolisian.

“Tahun ini Alhamdulillah bisa setelah izin berkali-kali ke polisi,” tuturnya.

Akhirnya setelah persiapan matang, termasuk tim kesehatan dan keamanan, pesta kembang api di MLG berjalan meriah. Dihadiri sekitar 2.800 pengunjung di Taman Wisata andalan kota tepian ini.

Padahal hari biasa tak lebih hanya 200 pengunjung datang ke tempat wisata yang berdiri sejak 2015 ini.  Vandim pun juga mempromosikan beberapa wahana baru di  MLG, seperti anjungan di atas Sungai Mahakam dan Sepeda Gantung.

“Kita tiap tahun memang menargetkan, minimal ada dua kali penambahan fasilitas di sini. Baik spot baru atau pun wahana permainan,” sebut pria asal Malang ini.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo mengapresiasi keberadaan tempat wisata tersebut. Menurutnya semakin ramai tempat wisata, pemasukan untuk derah juga meningkat.

“Pasti berkaitan. Incom tempat wisata itu diperoleh melalui tiket. Dalam tiket sudah ada pajak sekian persen yang harus disetor ke daerah,” sebutnya.

Politisi Gerindra ini meminta setiap tempat pariwisata juga harus berbenah. Meningkatkan fasilitas kepada pengunjung.

“Pengunjung itu biasanya suka hal yang baru. Jadi setiap pengelola tempat wisata juga harus berinovasi,” pungkasnya. (krv/boy)

Saksikan video menarik berikut ini: