Pemkab Bangun Jalan Baru, Perpendek Jarak Menuju Tol

Kadis PU Kukar M Yamin. (Rafii/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com – Pemkab Kukar berencana membuat akses penghubung menuju tol. Yakni di Kelurahan Bukit Biru menuju Desa Batuah. Nantinya terhubung ke gate Tol STA 52 Sanga-Sanga.

Masyarakat Kukar maupun Kubar tidak perlu lagi harus ke Palaran untuk masuk Tol Balsam. Kepala Dinas PU Kukar M Yamin menerangkan hal itu turut memberi manfaat untuk Kukar. Yang wilayahnya juga dilalui tol.

“Pak Bupati minta supaya dibuatkan pintu tol juga,” ucap Yamin pada Disway Kaltim.

Jalur dari Kelurahan Bukit Biru ke Desa Batuah ia memperkirakan mencapai 36,4 kilometer. Namun masih berupa badan jalan.

Pemkab Kukar ingin pembangunan jalan bisa dilimpahkan ke pusat. Karena diperkirakan memakan anggaran hingga Rp 500 miliar.

Sedangkan akses dari Batuah ke pintu Exit Tol berjarak 8 kilometer. Saat ini masih dalam proses pengkajian hal ekonominya.

Kalau bisnis traffic-nya menguntungkan bagi pengelola tol, mereka yang diharapkan turut membangun.

“Tapi kalau misalkan belum masuk ke sisi bisnisnya, kita (Kukar) yang akan berinvestasi,” terangnya.

Yamin belum bisa menyebutkan berapa jumlah anggaran yang dipakai untuk akses Batuah – pintu Exit Tol. Karena kontruksi jalannya masih dikaji. Apakah berbentuk jembatan atau timbunan.

“Harapan kita bahwa aset itu kita limpahkan ke pusat, karena bukan hanya Kukar yg melewati jalan tersebut,” pungkas Yamin. (mrf/boy)

Saksikan video menarik berikut ini: