Hanya Tiga yang Mendaftar

Gamalis (PPP) bersama tim semangat baru mengembalikan formulir pendaftaran di Sekretariat DPC Partai Hanura Berau, Rabu (1/1) kemarin.Arjuna Mawardi/Disway Berau

Tanjung Redeb, Disway – Tiga kandidat bakal calon (Balon) bupati/wakil bupati akan memperebutkan dukungan DPC Partai Hanura, untuk bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Yakni Agus Tantomo (NasDem), Muharram (PKS) dan Gamalis (PPP).

Ketua Tim Penjaringan DPC Hanura, Hendra Gunawan mengatakan, ketiga calon telah mengembalikan formulir penjaringan balon kepala daerah, akan bertarung mendapatkan restu Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Untuk mendapatkan rekomendasi partai kalangan milenial ini, ada beberapa aspek maupun penilaian. Terutama, kata dia, balon harus memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi.

“Elektabilitas dan popularitas, menjadi poin utama penilaian,” katanya saat ditemui Disway Berau, Rabu (1/1).
Lanjut Hendra, sebelum formulir pendaftaran diserahkan ke DPP Partai Hanura, pihaknya terlebih dahulu melakukan verifikasi kelengkapan berkas administrasi balon kepala daerah.

Setelah diperiksa, ada kekurangan berkas yang harus dilengkapi balon sebelum 15 Desember mendatang, terutama pada berkas/surat dukungan partai dan hasil perhitungan lembaga survei. Sebab, kedua poin itu menjadi dasar presentasi tim penjaringan di depan DPP Partai Hanura.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Kami beri waktu untuk melengkapi kekurangan berkas, sesuai waktu yang ditentukan,” terangnya.

Ditanya kreteria calon yang ideal untuk diusung Partai Hanura? Hendra melemparkan keputusan kepada DPP Partai Hanura. Namun, secara umum, ketiga partai yang mendaftar sangat ideal untuk diusung bertarung dalam perta demokrasi tingkat kabupaten.

“Rekom siapa yang keluar nantinya, itulah yang kami dukung. Dan kami komitmen untuk mengawal hingga meraih kemenangan di pilkada nanti,” sebutnya.

Disinggung terkait Muharram dan Gamalis yang melanggar deadline pengembalian formulir, diakuinya, memang benar. Tapi, sesuai petunjuk tertulis (Juklis) penjaringan, balon telah mengkonfirmasi sehari sebelum ditutupnya pendaftaran secara resmi.

“Seandainya sudah tutup pendaftaran dan baru ada konfirmasi dari balon maupun perwakilan, baru tidak bisa,” jelasnya.

Sementara, Kader PPP, Gamalis mengatakan, pengembalian formulir ini sebagai bentuk untuk bersatu dan bersinergi dengan Partai Hanura, menghadapi pilkada nantinya.

“Kami berharap, mendapatkan restu atau rekomendasi dari DPP Hanura untuk usung maju bersama di pilkada nanti,” harapnya.(*/jun/app)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: