Gerindra-PKB Sepakat Dana Parpol Naik

Muhammad Taqwa. (Ariansyah Disway)

===

Balikpapan, Disway Kaltim-Usulan kenaikan dana bantuan keuangan parpol semakin menguat. Setelah empat partai sepakat dengan usulan ini, dua partai lainnya menyusul. Menyatakan sikap, sepakat dengan usulan kenaikan dana parpol itu.

Dua partai tersebut, Gerindra dan PKB. Ketua DPC Gerindra Balikpapan sekaligus Ketua Fraksi Gerindra DPRD Balikpapan, Muhammad Taqwa menegaskan sikap partainya.

“Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, memang bantuan parpol di Balikpapan agak rendah dibanding daerah lain. Kenapa demikian, ini yang harusnya dievaluasi. Ini (dana parpol) harus dinaikkan. Karena melihat kebutuhan parpol, jauh meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya,” jelas Taqwa.

Meski demikian, lanjutnya, kenaikan dana parpol harus melihat kemampuan keuangan daerah. “Kalau kemampuan daerah tidak menyanggupi, tidak mungkin juga (naik),” ungkapnya.

Dalam hal ini, Taqwa yang juga menjabat ketua komisi IV DPRD Balikpapan ini tak bicara soal besaran kenaikan. Terpenting, menyesuaikan dengan kebutuhan partai dan kemampuan keuangan daerah.

“Jadi kami menyampaikan rasional saja. Bisa Rp 7 ribu, Rp 8 ribu bahkan Rp 15 ribu per suara sah. Karena kalau keuangan kita baik, kenapa tidak dinaikkan?” tuturnya.

Senada dengan Taqwa, anggota DPRD Balikpapan asal PKB, Taufil Qul Rahman sepakat. “Bagus kalau naik. Bila perlu jadi Rp 12 ribu per suara sah. Tapi menyesuaikan dengan kemampuan keuangan,” katanya.

Usulan kenaikan dana parpol disampaikan Ketua Harian DPD Partai Golkar Balikpapan Kashariyanto. Dari Rp 4.108 per suara sah, jadi Rp 7 ribu per suara sah. Sebelumnya, usulan ini disepakati PDIP, PKS, PPP dan Demokrat.

Golkar memiliki 11 kursi di DPRD Balikpapan. PDIP 8 kursi, Gerindra 6 kursi, PKS 6 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi dan PKB 1 kursi. Bila ditotal, seluruh kursi dari partai-partai tersebut berjumlah 39 kursi. Jumlah anggota DPRD Balikpapan, 45 orang. (sah/hdd)

Saksikan video menarik berikut ini: