Gerbang Tol Samboja Macet Sepanjang 5 KM

Petugas Polsek Samboja saat mengatur arus lalin di pintu keluar tol balsam, tepatnya di KM 38. (Ist)

===

Balikpapan, Disway Kaltim-Kemacetan panjang terjadi di pintu keluar tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), tepatnya di KM 38 Samboja hingga pertigaan Kelurahan Seluang, Kukar, Rabu (1/1). Tak tanggung-tanggung kemacetan terjadi hingga sembilan jam.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Baru hari ini (Rabu, red) macetnya. Tadi dari pukul 09.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita. Malam sudah berkurang,” kata Kapolres Kukar AKBP Andreas SN, melalui Kapolsek Samboja Iptu Reza Pratama Yusuf kepada Disway, Rabu malam.

Dihitung dari pintu keluar tol hingga pertigaan tersebut. Kemacetan terjadi sepanjang 5 kilometer. Itu semua disebabkan melonjaknya kunjungan wisatawan yang ingin menuju obyek wisata di Samboja. Baik Pantai Pemedas, Pantai Pelangi dan lainnya.

Bukan hanya itu, terang Reza, kemacetan disebabkan jalan tol Balsam yang belum tembus hingga pintu keluar di Kilometer 13 Balikpapan. Sehingga masyarakat yang datang dari arah Samarinda, terpaksa keluar di pintu tol Samboja.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Banyak masyarakat yang belum paham kalau belok kiri itu melewati jalan dalam menuju Manggar. Sehingga terjadi penumpukan kendaraan. Sebaliknya di Kilometer 38 malah sepi,” terang Reza.

Untuk mengurai kemacetan tersebut, Kapolsek menurunkan sejumlah personel untuk mengatur arus lalu lintas. Ia menginginkan masyarakat yang berlibur bisa segera sampai ke tujuan dengan aman dan nyaman. (byu/hdd)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: