Samsun: Wakil Rakyat Punya Tugas Penting

Muhammad Samsun. (Istimewa)

===

Samarinda, DiswayKaltim.com – Wakil rakyat memiliki peran dan fungsi penting dalam menganggarkan, membuat aturan, dan mengawal pembangunan. Tanpa peran tersebut, daerah atau negara akan sulit maju dan berkembang

Hal ini disadari oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. Salah satu pengejawantahan fungsi tersebut adalah setiap aspirasi yang diterima anggota dewan harus diperjuangkan dan dikawal hingga sampai kepada rakyat.

“Hal ini sebagai tujuan utama saya dipilih sebagai pelayan rakyat,” ujar wakil rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Salah satu konsep pembangunan yang terus dikawal yakni pembagunan berkelanjutan. Dengan begitu, masyarakat akan menikmati kehidupan yang maju dan sejahtera.

Samsun membuktikan hal ini dengan memperjuangkan bantuan di bidang pertanian, peternakan, dan infrastruktur.

Belum lama ini, ia berhasil mengawal anggaran untuk proyek jalan menuju kuburan muslim dan parkir masyatakat Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa, Kukar.

“Selamat kepada masyarakat di Jalan Andi Mukmin RT 16 Muara Jawa atas terealisasinya usulan kegiatan tersebut. Semoga membawa banyak manfaat,” ujarnya.

Kata Samsun, pembangunan juga dapat dilakukan masyarakat di desa dengan mengandalkan sumber anggaran lain seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tak sepenuhnya bergantung anggaran dari pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.

Namun pengelolaan BUMDes tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hambatan yang dihadaoi masyarakat terkait pengelolaan BUMDes. Yang wajib difasilitasi dan didorong oleh pihak terkait.

Samsun mengatakan, banyak potensi yang dimiliki desa di Kaltim yang dapat digali untuk menyongsong masyarakat yang mandiri dan unggul dalam menyambut kehadiran Ibu Kota Negara.

“Pemerintah wajib berperan aktif hadir di tengah-tengah masyarakat. Saya mendorong betul ini menjadi perhatian bersama dalam menatap kemandirian,” ujarnya. (adv/qn/hdd)

Saksikan video menarik berikut ini: