Hubungan Ulama dan Raja Terjalin Baik di Bulungan

Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Suriansyah membuka seminar kebudayaan dan keagamaan, Senin (30/12) pagi.(humas)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Penyebaran dan perkembangan Islam di Kaltara, tidak terlepas dari peranan ulama, baik yang berasal dari dalam maupun luar Kaltara. Peranan ulama tersebut harus diketahui masyarakat luas.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Suriansyah saat membuka seminar kebudayaan dan keagamaan, di aula KUB Bulungan, Senin (30/12) pagi.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Pada acara bertema, peranan ulama dalam penyebaran Islam di Kesultanan Bulungan ini, Suriansyah berharap dapat diungkapkan kembali sejarah perkembangan Islam di Bulungan. “Selain itu, dapat diketahui pula hubungan antara ulama dan kerajaan yang ada,” tuturnya.

Berdasarkan sejarah, pada masa lalu ada hubungan baik dan kerja sama yang cukup erat antara raja dengan para ulama yang ada di Bulungan.

“Atas dasar itu, tidak dapat disangkal lagi bahwa peran ulama dalam penyebaran Islam di bulungan sangat besar. Salah satu ulama yang dikisahkan pernah berjasa dalam penyebaran Islam di Bulungan ialah al-Magribi dan sekarang ini makamnya banyak dikunjungi orang, untuk mendoakannya dan juga untuk mengenang jasa-jasanya dalam penyebaran Islam di sana,” beber Suriansyah.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Beranjak dari itu, seminar ini diharapkan dapat diungkap lebih luas lagi peran ulama dalam penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Bulungan. (hms)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: