Tiga Orang Positif Amphetamine Jalani Asesmen

Suasana razia di THM beberapa waktu lalu. (ist)

===

Balikpapan, Disway Kaltim-Pengunjung tempat hiburan malam (THM) yang terjaring dalam razia oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditreskoba) Polda Kaltim bersama Pom TNI AD, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan, Satpol PP, Ditsamapta Polda Kaltim, dan Reskoba Polresta Balikpapan, Ahad (29/12) dini hari lalu. Razia dilakukan di sejumlah THM di Balikpapan lantaran hasil tes urine positif mengandung amphetamine kini menjalani asesmen di BNNK Balikpapan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Kepala BNNK Balikpapan Kompol M Daud mengatakan, saat ini ia sudah menerima penyerahan secara resmi tiga orang yang diduga positif mengkonsumsi amphetamine dari Direktorat Resnarkoba Polda Kaltim.

“BNNK Balikpapan langsung melakukan asesmen terhadap ketiga orang untuk mengetahui asal usul, jenis, dan narkotika apa yang di konsumsi,” ujar Daud, Senin (30/12).

Hal ini dilakukan agar BNNK dapat mengetahui tingkat penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh tiga warga tersebut. Guna menentukan tindak lanjut jenis rehabilitasi yang akan diberikan kepada ketiganya.

“Ini untuk menentukan tindak lanjut jenis rehabilitasi pada yang bersangkutan apakah rawat jalan atau rawat inap,” jelasnya.

Namun BNNK belum mau membeberkan hasil asesmen yang dilakukan. Lantaran menurutmya masih mengembangkan asal-usul mendapatkan narkoba tersebut. “Maaf untuk hasilnya tidak disampaikan dulu, sebab ada masih langkah berikutnya untuk mencari dari mana barang yang digunakannya,” tegasnya.

Untuk diketahui, razia yang bertujuan memininalisasi peredaran gelap narkoba khususnya di THM ini, menyisir seluruh THM yang beroperasi. Operasi yang dipimpin langsung oleh Direktur Reskoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury ini langsung membentuk tiga tim. Setiap tim memiliki sasaran THM yang berbeda-beda. Selain melakukan razia para pengunjung, petugas gabungan juga melakukan tes urine terhadap pengunjung maupun ladies club (LC) yang ada di THM tersebut. (bom/hdd)

Saksikan video menarik berikut ini: