Alur Lalin Sungai Mahakam Harus Ditata

Sungai Mahakam kini dipenuhi oleh lalu lalang tongkang batu bara sehingga perlu diatur. (istimewa)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Antrian tugboat dan ponton batubara di perairan Sungai Mahakam disorot wakil rakyat. Dewan menilai KSOP harus serius mengatasi persoalan itu.

Seperti yang diutarakan anggota DPRD Kaltim dapil Samarinda Ruman Yaqub. Menurutnya, pihak terkait khususnya KSOP Samarinda harus turun tangan. Untuk melakukan pengaturan lalu lintas disitu. Lantaran dengan adanya antrian tugboat dan ponton, cukup mengganggu lalu lintas pengguna lain di Sungai Mahakam.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Terkait bungkamnya KSOP Samarinda tentang panjangnya alur antrian, ia menyayangkan. Karena seyogyanya merupakan tanggung jawab mereka.

“Mestinya memberikan layanan untuk publik, aneh juga sampai KSOP tidak mau komentar,” ucap Rusman pada Disway Kaltim.

Rusman menambahkan seharusnya KSOP Samarinda bisa menjelaskan mekanisme dan sistem alurnya. Apabila terjadi kepadatan di Sungai Mahakam. Sehingga sangat keliru jika mereka bungkam dan enggan menjelaskan.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Antrian yamg terjadi ini kemungkinan besar juga akan mengganggu jalur pelayaran pengguna lain. Sebut saja taksi sungai yang mengangkut barang serta bahan makanan untuk masyarakat di pehuluan.

“Saya berharap komisi terkait memanggil pihak perhubungan provinsi, KSOP dan pihak terkait lainnya,” pungkas Rusman.(mrf/boy)

Baca juga :  Alur Sungai Mahakam Semrawut, KSOP Samarinda Enggan Berikan Penjelasan

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: