Perayaan Natal 36 Gereja Dipastikan Aman

Kapolres Berau saat meninjau kesiapan pengamanan saat malam Misa Natal, Selasa (24/12) malam.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pelaksanaan Ibadah Natal 2019 bagi umat kristiani di Kabupaten Berau, pada Rabu (25/12) dipastikan berjalan aman dan lancar.

Hal itu disampaikan Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning W melalui Kabag Ops, AKP Agus Arif Widjoyanto saat dikonfirmsi Disway Berau, kemarin.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Dijelaskannya, pengamanan natal merupakan bagian dari Operasi Lilin Mahakam, yang mana sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelum malam Misa Natal di gereja-gereja yang ada di Berau.

Pengamanan tidak hanya dilakukan oleh aparat kepolisian saja, melainkan bekerja sama dengan aparat TNI, Satpol PP, Dishub, dan beberapa organisasi masyarakat (Ormas) lainnya. Selain itu, pihaknya juga melibatkan pihak internal masing-masing gereja untuk ikut membantu pengamanan.

“Ada 36 gereja yang melaksanakan natal di Berau, dengan dijaga ketat petugas gabungan. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar berkat dukungan masyarakat,” ungkapnya.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Agus menambahkan, saat malam Misa Natal pada Selasa (24/12) malam, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Berau, juga meninjau kesiapan personel di sejumlah gereja di Kota Tanjung Redeb, yang digunakan untuk melaksanakan Ibadah Natal. Hal itu guna memastikan pengamanan berjalan sesuai rencana.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat Berau, yang dinilainya memiliki peran penting dalam terciptanya suasana kondusif dan damai dalam setiap perayaan natal.

“Berau merupakan kabupaten yang majemuk dan masyarakatnya memiliki sifat toleransi yang tinggi. Ini juga membuktikan Forkopimda Berau, solid, kondusif, dan harmonis, dan dapat meminimalisir potensi-potensi kerawanan,” jelasnya.

Selain itu, dalam Operasi Lilin Mahakam tersebut juga dibentuk 5 pos pelayanan. Di mana 2 pos pengamanan berada di Simpang Labanan Kecamatan Teluk Bayur, dan pos simpang perempatan Jalan Pemuda dan Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Redeb. Kemudian ada juga 2 pos lainnya yang berada di Bandara Kalimarau, dan dermaga Tanjung Batu, Pulau Derawan. Dan terakhir pos pelayanan terpadu yang berada di perempatan kilometer 5.

Sementara personel yang disiagakan dalam pengamanan ada sekitar 240 personel yang disebar di berbagai wilayah, termasuk dalam mengamankan puluhan gereja. Ia juga memastikan dalam operasi lilin Mahakam yang dimulai pada Senin (23/12) lalu, sampai saat ini berlangsung kondusif.

“Untuk tindakan kriminal dan hal yang merugikan lainnya nihil. Tentu harapannya kondisi seperti ini dapat terus terjadi hingga tahun baru mendatang,” pungkasnya (*ZZA/app)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: