Tembusan Grand City Hanya Dibuka Sementara

Jalan tembus Kilometer 7 jadi pemecah kepadatan kendaraan dari arah Samarinda. (bom/disway)

======

Balikpapan, Diswaykaltim – Memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru, jalan tembus di Kilometer 7 melalui perumahan Grand City dibuka Satlantas Polresta Balikpapan. Ini dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan yang melintas di simpangan Kariangau atau tepatnya di Kilometer 5,5, Jalan Poros Balikpapan-Samarinda.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Kapolresta Balikpapan AKBP Turmudi mengatakan, dibukanya jalan perumahan tersebut agar kendaraan dari Samarinda bisa melalui jalur tersebut. Sehingga tidak membuat kemacetan di pertigaan Kariangau.

“Ini musim libur. Apalagi jalan tol sudah dibuka. Ini membuat masyarakat berdatangan ke Balikpapan. Untuk mencegah macet, kami buka jalur tersebut,” ujar Turmudi, Rabu (25/12).

Lebih lanjut AKBP Turmudi mengatakan, jalan alternatif ini dibuka sejak Senin (23/12) hingga Kamis (2/1/2021).

“Pembukaan jalan ini tidak permanen. Usai Tahun Baru ditutup lagi hingga jalannya benar-benar siap,” tambahnya.

Pantauan media ini di lapangan, jalan tembus Kilometer 7 ke Jalan MT Haryono ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda enam ke bawah. Selain itu jam operasional masih dibatasi. Yakni mulai pukul 09.00 Wita hingga 20.00 Wita saja.

“Hanya untuk motor dan mobil kecil. Jam juga dibatasi kalau mau lewat sini,” ujar penjaga jalan, Ikhsan.

Selain dibatasi jam dan jenis kendaraan, kendaraan juga hanya bisa melintas dari arah kilo menuju kota. Sementara yang dari arah kota tidak bisa melintas. (bom/hdd)

Saksikan video menarik berikut ini: