Pembangunan Mapolresta Butuh Rp 50 Miliar Lagi

Gedung baru Mapolresta Balikpapan yang sedang dalam masa pembangunan. Lokasinya berada di belakang bangunan Mapolresta Balikpapan yang saat ini digunakan, di Jalan Jenderal Sudirman. (Ariyansah/Disway Kaltim)

===

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Pembangunan kantor baru Polresta Balikpapan terus berjalan. Lokasinya di belakang Mapolresta Balikpapan yang saat ini digunakan, di Jalan Jenderal Sudirman. Anggaran pembangunan berasal dari hibah APBD Balikpapan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Kapolresta Balikpapan AKBP Turmudi mengatakan, progres pembangunan kantor baru itu mencapai 60 persen. Tahun depan, polresta mendapatkan hibah lagi dari APBD Balikpapan untuk melanjutkan pembangunan.

“Saat ini 60 persen. Sistemnya, ada anggaran, baru dikerjakan. Bentuknya hibah. Besarannya setiap tahun menyesuaikan keuangan pemkot,” kata Turmudi, kepada Disway Kaltim, Rabu (25/12).

Pembangunan kantor Mapolresta Balikpapan itu nilainya Rp 125 miliar. Seluruh anggaran dibebankan ke APBD Balikpapan. Menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Dari Mabes Polri tidak ada anggaran. Memang tidak dianggarkan dari Mabes,” lanjutnya.

Pembangunan gedung itu mulai dilakukan pada 2015. Tahun itu, pemkot mengucurkan Rp 24.364.210.000. Kemudian pada 2016 sekitar Rp 20 miliar. Berikutnya pada 2017 sekira Rp 5 miliar.

Pada APBD tahun lalu, anggaran yang dikucurkan Rp 5 miliar. Sedangkan tahun ini, anggaran diberikan sebanyak Rp 7,5 miliar. Dari informasi yang diterima, Polresta kembali menerima Rp 5 miliar.

“Anggaran yang dibutuhkan masih kurang lebih Rp 50 miliar lagi,” lanjutnya.

Pembangunan kantor itu berada di lahan seluas 2,4 hektare. Dari pantauan Disway Kaltim, Rabu (25/12) sore, gedung telah berdiri tiga lantai. Tampak puluhan buruh bangunan mengerjakan pembangunan.

“Kalau gedung tiga lantai itu selesai bisa meningkatkan pelayanan masyarakat,” pungkas Turmudi. (sah/hdd)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: