Golkar Usulkan Kenaikan Dana Bantuan Parpol

Partai Golkar. (ilustrasi/net)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Dana bantuan keuangan partai politik (parpol) Kota Beriman diusulkan naik. Usulan kenaikan sekira 73 persen. Dari Rp 4.108 per suara sah, menjadi Rp 7 ribu per suara sah. Golkar yang menyuarakan usulan itu.

Ketua Harian DPD Golkar Balikpapan Kashariyanto mengatakan, dana bantuan keuangan bagi parpol Kota Minyak tergolong kecil. Dibanding dengan beberapa daerah di Kaltim. Maka dari itu, perlu diusulkan naik.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Tak usah banyak-banyak. Naikkan jadi Rp 7 ribu atau Rp 7.500 per suara sah,” katanya kepada Disway Kaltim.

Kenaikan dana parpol itu, kata Kas, sapaan akrab Kashariyanto akan berdampak. Khususnya dalam upaya parpol memberi pendidikan politik pada masyarakat.

“Untuk membuat gerakan dan meningkatkan SDM parpol. Makanya dana parpol perlu dinaikkan,” lanjutnya.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Rencana ini oleh Kas telah dikomunikasikan ke beberapa parpol. Di antaranya PDIP dan Gerindra. Usulan ini akan didorong untuk dibahas di DPRD Balikpapan. Melalui perwakilan Golkar di kursi parlemen.

“Kenaikan dana parpol penting. Apalagi menuju momentum pilkada,” kata Kas.

Diketahui, besaran dana bantuan keuangan parpol Balikpapan berjumlah Rp 4.108 per suara sah. Parpol penerima bantuan adalah yang memiliki kursi di DPRD Balikpapan. Besaran Rp 4.108 itu, berdasarkan SK Wali Kota Balikpapan.

“Standarnya Rp 1.500. Besaran rupiah per suara sah itu tergantung kemampuan keuangan daerah,” kata Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga dan Pembinaan Politik (Halbinpol) Kesbangpol, Al Ghazali, saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu. (sah/hdd)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: