Malam Ini TNI-Polri Bersama Amankan Ibadah Natal

Apel kesiapan pengamanan natal berlangsung Selasa (24/12/2019) sore tadi. (Rafii/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com – Polres Kukar gelar Apel Kesiapan Pengamanan Natal malam ini dan tahun baru 2020. Apel diikuti oleh Polres Kukar, Kodim 0906/Tenggarong, Satpol PP, Dishub, BPBD Kukar, dan sejumlah ormas di halaman Mapolres Kukar, Selasa (24/12/2019).

Polres Kukar juga akan dibantu personil Penjinak Bom (Jibom) dari Brimob Samarinda.

“Kita prioritaskan gereja-gereja yang umatnya banyak,” terang Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho pada Disway Kaltim, Selasa (24/12/2019).

Setelah apel, personil gabungan langsung bergerak melakukan sterilisasi rumah ibadah. Agar kegiatan malam natal saat ini berlangsung damai dan aman.

Selain itu, Andrias menjelaskan jika kepolisian akan mengambil langkah preventif.

Yakni dengan melakukan pemantauan di pintu masuk gereja. Dan melakukan pemeriksaan langsung terhadap orang-orang yang dianggap mencurigakan.

“Kita juga bekerja sama dengan pemuda gereja maupun panitia perayaan natal,” bebernya.

Komandan Dandim 0906/Tenggarong Letkol (Inf) Charles Alling menjelaskan jika turut mendapat arahan langsung dari Panglima TNI untuk menjaga kondusifitas di daerahnya masing-masing. Dalam hal kali ini pengamanan malam natal.

“Pada prinsipnya kita bersinergi untuk menjaga kondusifitas di wilayah,” ditambahkan Alling.

Alling juga berharap sinergitas pengamanan bisa meminimalisasi tindak kelompok yang ingin mengganggu keamanan di Kukar. (mrf/boy)

Saksikan video menarik berikut ini: