Gegana Brimob Polda Kaltim Sterilisasi 12 Gereja Jelang Malam Misa Natal

Tim Gegana Brimob Polda Kaltim saat sterilisasi gereja. (Andrie/Disway Kaltim)

Balikpapan, Diswaykaltim – Tim Gegana Brimob Polda Kaltim telah melakukan sterilisasi terhadap 12 gereja yang ada di Kota Balikpapan sebelum pelaksanaan malam Misa Natal yang dilaksanakan pada Selasa (24/12/2019).

Tim Gegana Brimob Polda sendiri terbagi dalam 2 tim yang masing-masing tim melakukan sterilisasi terhadap 4 gereja.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Perwira Seksi Oprasi Detasemen Gegana Ipda  Muhammad Hendro Prihandoko mengatakan, sebelum pelaksanaan malam Misa Natal ini tim gegana harus memastikan jika sudah tidak adanya benda-benda yang dapat mengancam para jamaat saat melaksanakan ibadah.

“Dari gegana kita dibagi 3 tim untuk melaksanakan sterilisasi dan pengamanan 12 gereja jadi dibagi 4 gereja,” ujarnya saat melakukan sterilisasi di Gereja Santa Theresia, Selasa (24/12/2019).

Lanjut Hendro, pelaksanaan sterilisasi ini dilakukan oleh pihaknya agar dapat memberi rasa aman kepada seluruh jamaat yang hadir di gereja-gereja.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Sterilisasi ini untuk memberikan rasa aman kepada seluruh saudara kita yang beragama Nasrani dalam melaksanakan ibadahnya,” tambahnya.

Dalam melaksanakan sterilisasi di setiap gereja yang ada tersebut, tim gegana Brimob Polda Kaltim menyisir benda-benda yang dirasa mencurigakan, serta titik-titik yang dianggap rawan untuk menyembunyikan sesuatu benda.

“Kita periksa setiap benda dan sudut-sudut yang dapat menjadi kerawanan. Dengan pemeriksaan ini kita yakinkan bahwa benda mencurigakan seperti bom atau sebagainya tidak ada,” jelasnya.

Dari pantauan Diswaykaltim.com di Gereja Santa Theresia, saat melakukan sterilisasi tim gegana menggunakan alat metal detektor, miror, maupun alat deteksi lain untuk bom dan sejenisnya.

“Sampai saat ini kita nyatakan gereja yang kita amankan sudah aman dan steril,” tutupnya. (bom/eny)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: