Banjir di Beberapa Titik, BPBD: Status Samarinda Siaga

Lokasi Banjir di Perumahan Griya Mukti, Samarinda Utara. (Istimewa)

==========

Samarinda, DiswayKaltim.com – Hujan yang mengguyur sejak Selasa (24/12/2019) malam, menyebabkan banjir di beberapa titik. Yaitu di Bengkuring, Terong Pipit dan Griya Mukti.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda menurunkan tim untuk memantau keadaan banjir.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Perahu politelin dan perahu lipat sudah kita turunkan mulai malam tadi. Kami turunkan lima orang tim di Terong Pipit untuk membantu korban di sana,” jelas Hendra, sekretaris BPBD Samarinda.

Hendra menambahkan, hari ini pihaknya juga sudah menurunkan tujuh orang tim untuk membantu evakuasi korban. Namun BPBD mengaku, belum membuka posko korban banjir. Warga terdampak banjir mengungsi secara mandiri di rumah keluarga masing-masing.

Berdasarkan ramalan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak curah hujan memang terjadi di awal Desember sampai Januari 2020. Ini menyebabkan debit air di Bendungan Benanga meningkat, dan potensi banjir akan melanda Kota Samarinda.

Hendra pun menegaskan, saat ini Samarinda berada di level siaga. Jika potensi banjir meningkat, BPBD akan melakukan rapat koordinasi dengan sekda dan wali kota untuk menetapkan Status Tanggap Darurat.

“Semoga tidak terjadi hujan yang begitu lama agar tidak terjadi banjir kiriman,” harapnya. (krv/dah)

Saksikan video menarik berikut ini: