Galang Kerja Sama Gelar Sunatan Massal

Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie beserta ketua TP PKK Kaltara Rita Ratina Irianto Lambrie berfoto bersama salah satu anak yang mengikuti sunatan massal di RSUD Tarakan, Minggu (22/12). (humas)

TARAKAN, DISWAY – Dinas Kesehatan Kaltara diminta bekerja sama dengan rumah sakit (RS) di tiap kabupaten dan kota se-Kaltara untuk pelaksanaan sunatan massal. Agar tepat sasaran dan daya jangkaunya meluas, Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie juga meminta digalang kerja sama dengan lembaga kemasyarakatan yang ada di daerah.

Selain itu, sunatan massal juga harus digelar di setiap kabupaten, tak terfokus di satu daerah. Ini disampaikannya saat menghadiri Sunatan Massal di RSUD Tarakan, Minggu (22/12). Sunatan ini kerja sama Pemprov Kaltara, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kaltara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltara dan DWP RSUD Tarakan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Sunatan massal, menurut Irianto harus dilakukan dengan baik dan lancar. Lantaran, sunat atau khitan adalah kewajiban bagi seluruh umat Nabi Muhammad SAW, dan menjadi syariat. “Khitan bagi pria muslim, adalah wajib. Insya Allah, dengan dikhitan akan bernilai ibadah,” kata Irianto.

Kebiasaan khitan sendiri dilakukan sejak zaman Nabi Ibrahim AS. “Khitan ini menjadi bentuk pelajaran bagi setiap pria dari kaum muslim. Pelajarannya, pertama berani dan tidak takut. Berlatih menguatkan diri dengan selalu mengingat Allah SWT melalui salawat juga dzikir,” tutupnya. (hms)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: