Berikut Data dan Fakta Borneo FC Musim 2019

Matias Conti saat merayakan gol ke gawang Persipura, Minggu (22/12) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (ist) 

Samarinda, Diswaykaltim.com – Usai sudah perjalanan mendebarkan Borneo FC di Liga 1 Indonesia . Posisi ketujuh menjadi hasil akhir setelah cukup lama Borneo FC bersemayam di papan atas. Berikut kami rangkum data dan fakta Borneo FC musim ini:

1. Posisi ketujuh yang diraih Borneo FC adalah peringkat yang sama dengan musim lalu. Hanya saja, musim ini catatan poin dan gol lebih tinggi ketimbang musim sebelumnya.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

2. 51 poin yang dimiliki Borneo FC sama dengan Persib. Namun Maung Bandung berhak berada di posisi ke-6 karena unggul head to head. Dari 2 pertemuan musim ini, Persib mengemas 1 kemenangan dan 1 imbang atas Borneo FC.

3. Borneo FC mencetak 55 gol dari 34 laga. Artinya Sultan Samma dkk mencatat rasio 1,6 gol/laga.

4. 55 gol yang dicetak Borneo adalah yang tertinggi ketiga diantara 18 tim Liga 1. Hanya Persebaya (57) dan Arema FC (59) yang membuat gol lebih banyak ketimbang Pesut Etam.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

5. Selisih gol Borneo FC adalah 13. Hanya Persebaya (14) yang punya selisih gol lebih baik.

6. Borneo FC menderita 7 kekalahan sepanjang laga. Ini adalah jumlah kekalahan paling sedikit yang dialami oleh tim Liga 1 musim ini.

7. Namun Borneo FC menjadi tim yang paling sering mendapat hasil imbang yakni sebanyak 15 kali. Jumlah ini meningkat lebih dari 2 kali lipat dari musim lalu yang mendapat 6 kali hasil imbang.

8. Borneo FC mencatat 9 kali cleansheet. Jumlah ini tergolong banyak mengingat disepanjang musim ini, Borneo menggunakan 2 kiper berbeda lantaran Nadeo harus bertugas membela timnas di Sea Games.

9. Hasil 0-3 atas Madura United adalah kekalahan terbesar Borneo dimusim ini.

10. Kemenangan 6-0 atas Bali United adalah catatan kemenangan tertinggi Pesut Etam.

11. Renan Silva menjadi pemain terbaik Liga 1 musim 2019.

Catatan di atas menjadi bukti bahwa sebenarnya Borneo FC memiliki progres yang cukup baik. Terlebih jika dibandingkan dengan musim lalu. Yang kemudian membuat Borneo tergelincir adalah masalah inkonsistensi.

Sejak menang telak 6-0 atas Bali United, Borneo selanjutnya mencatatkan 3 menang, 5 seri, dan 4 kalah hingga makin mendekati penghujung musim, makin terpelorot posisi mereka. (ava/fdl)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: