Pastikan Kondusif, Brimob Patroli Gereja Jelang Natal

Balikpapan, Diswaykaltim – Jelang perayaan Natal, anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim mulai melakukan atensi kegiatan pencegahan hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan saat pelaksanaan ibadah Natal bagi kaum Nasrani.

Upaya pencegahan itu dilakukan dengan cara patroli dan menyambangi sejumlah gereja-gereja besar yang tersebar di wilayah kota Balikpapan, Minggu (22/12/2019).

Salah satu gereja yang di datangi adalah gereja Katolik Santo Martinus yang terletak di kawasan Sepinggan, kecamatan Balikpapan Selatan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Di Gereja ini, para anggota Brimob terlihat melakukan koordinasi dan pengecekan setiap sudut gereja mulai dari luar hingga di dalam gereja.

Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol John Huntal S. Sitanggang mengatakan, kegitan patroli tersebut dilakukan guna menciptakan suasana yang aman, damai dan kondusif selama perayaan Natal di Kota Balikpapan.

“Untuk kegiatan Natal pada 25 Desember ini, pihak Satbrimob Polda Kaltim akan turut berpartisipasi membantu pengamanan jalannya perayaan natal dan juga tahun baru agar berjalan aman dan nyaman,” ujarnya, Minggu (22/12/2019).

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Kegiatan patroli tersebut akan terus dilakukan hingga memasuki perayaan natal pada 25 Desember 2019 nanti.

“Untuk itu, perlu adanya koordinasi terkait pengamanan yang akan dilakukan, baik dari pihak kepolisian maupun pihak Gereja. Hal itu menjaga supaya segala kondisi selama prosesi perayaan berlangsung, tetap aman dan kondusif,” tambahnya.

Selain melakukan pengecekan gereja, petugas Kepolisian juga menghimbau kepada penjaga gereja untuk lebih mewaspadai orang-orang yang masuk ke lingkungan gereja yang bukan merupakan jamaah gereja tersebut. Hal ini guna mewaspadai teror menjelang hari Natal.

“Kita sudah sampaikan kepada pihak keamanan masing-masing gereja agar mewaspadai orang tidak dikenal atau yang bukan jamaat gereja,” tutupnya. (bom/hdd)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: