Hari Pertama Dibuka Umum, Warga Antusias Gunakan Jalan Tol

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Jalan tol Balikpapan-Samarinda telah resmi dibuka untuk umum sejak Kamis (19/12/2019) hari ini, sekitar pukul 08.30 wita.

Sejumlah pengendara roda 4 atau lebih terlihat sangat antusias menggunakan jalan tol pertama di pulau Kalimantan ini.

Hari Pertama Dibuka Umum, Warga Antusias Gunakan Jalan Tol

Boby saat pertama kali melakukan transaksi e-tol. Foto atas, Arina juga menjajal jalan tol pertama ini. (Andrie/Disway Kaltim)

Salah seorang pengendara, Arina Mayasari, yang berasal dari Kota Samarinda mengatakan, selama perjalanan dirinya senang lantaran pemandangan yang ada di jalan tol cukup bagus. Bahkan, kondisi jalannya pun disebutnya sangat bagus.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Perasaanya lebih cepet, bisa santai dan laju juga. Kondisi jalan bagus sama seperti tol di Jawa,” ujarnya, Kamis (19/12/2019).

Lebih lanjut, Arina mengatakan, perbedaan antara jalan lama dan jalan tol selain kecepatan waktu, adalah soal keselamatan di jalan. “Kalau di tol ini kayaknya kita aman. Soalnya kalau mau nyalip itu tidak berlawanan dengan yang berbeda arah. Ada pembatasnya,” jelasnya.

Senada dengan Arina, Boby pengendara lainnya, yang baru pertama kali menggunakan jalan tol mengatakan, jika dirinya bangga Kalimantan Timur telah memiliki jalan tol ini.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Dengan adanya jalan tol ini, dirinya bisa menghemat waktu tempuh untuk bisa bertemu dengan keluarganya di Samarinda.

“Yang pasti bangga kita sudah punya tol ini. Saya jadi bisa cepat ya ketemu keluarga kalau mau pulang ke Samarinda. Katanya kan bisa cuma 1 jam, makanya saya mau coba ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, jika dalam penggunaan jalan tol ini PT Jasamarga selaku pengelola masih menggratiskan masyarakat Kaltim, khususnya Balikpapan-Samarinda dan sekitarnya.

Namun yang perlu diketahui, jika masyarakat tetap harus memiliki uang elektronik atau e-toll untuk bertransaksi di geebang tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini. (bom/dah)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: